Menu

Mode Gelap

Nasional · 3 Okt 2018 16:00 WIB ·

Ratna Sarumpaet Akui Kabar Penganiayaan Dirinya Adalah Bohong


 Ratna Sarumpaet Akui Kabar Penganiayaan Dirinya Adalah Bohong Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Ratna Sarumpaet akhirnya buka suara yang sebenarnya soal kabar yang dia buat sendiri tentang penganiayaan terhadap dirinya. Dalam konferensi pers, Ratna Sarumapet mengatakan kabar penganiayaan kepada dirinya adalah kebohongan semata yang disampikan kepada keluarganya.

Dalam konferensi pers Ratna mengatakan apa yang beredar soal penganiayaan dirinya adalah kebohongan yang dia buat yang disampaikan kepada anak-anaknya. Namun dia mengaku terkejut kalau informasi tersebut kemudian malah tersebar luas bahwa dirinya dianiaya padahal sebenarnya ia hanya menjalani operasi biasa namun mengalami perubahan saat setelah menjalani operasi pelastik.

“Aku juga meminta maaf kepada semua pihak yang terkena dampak dari apa yang saya lakukan,” tutur Ratna Sarumpaet seperti yang disiarkan di televisi swasta TVOne, Rabu (3/10/2018).

Di akhir statmen Ratna Sarumpaet mengajak agar semuanya dapat mengambil pelajaran dari cerita yang dia buat sendiri dan menghebohkan masyarakat terutama masyarakat pendukung dua pasangan calon presiden dan wakil presiden Pilpres 2019.

“Mari kita semua mengambil pelajaran, segala sesuatu yang kita hebohkan, adalah segala sesuatu yang tidak penting,” pungkasnya menutup konferensi pers.

Sementara itu secara terpisah Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Jawa Barat Dedi Mulyadi meminta aktivis Ratna Sarumpaet memberikan penjelasan secara terbuka. Hal itu terkait isu penganiayaan yang kadung menjadi konsumsi publik Indonesia.

Menurut Dedi, berdasarkan fakta yang belakangan terungkap, kejadian tersebut bukanlah penganiayaan. Melainkan, kondisi ibu dari artis Atikah Hasiholan itu yang sedang menjalani bedah plastik di RS Bina Estetika.

“Titik terang kontroversi soal hoax penganiayaan itu sudah ditemukan. Ada rekaman CCTV yang beredar juga kan. Jadi, clear itu,” kata Dedi di Purwakarta, Rabu (3/10/2018).

Dedi berharap, semua pihak yang secara nyata menyebut bahwa peristiwa itu adalah penganiayaan harus memberikan klarifikasi. Hal ini penting dalam rangka menjaga fokus elemen bangsa yang saat ini sedang menangani bencana.

“Semoga Ibu Ratna Sarumpaet setelah bedah plastik bisa tampil cantik di depan publik. Beliau harus bisa memberikan penjelasan kepada pihak kepolisian dan masyarakat luas,” katanya.

Mantan Bupati Purwakarta dua periode itu berujar, sosok Ratna Sarumpaet memiliki keberanian melebihi kaum lelaki sekalipun. Karena itu, tidak sulit baginya untuk memberikan keterangan baik di hadapan polisi maupun publik.

“Keberanian beliau untuk bersikap kritis itu bukan hanya di era Pak Jokowi. Kita harus melihat meliau dari sejak era Pak Harto dan Pak Habibie. Keberaniannya tidak hilang, malah lebih dari kaum lelaki. Saya kira gak sulit buat Ibu Ratna Sarumpaet untuk bicara ke publik,” ujarnya.

Hentikan Hoax

Dedi mengimbau semua pihak untuk tidak menggunakan konten hoax dalam rangka meraih simpati publik. Terlebih, beberapa daerah di Indonesia kini tengah dilanda bencana. Energi bangsa harus fokus untuk membantu para korban tersebut.

Sementara penyebaran spekulasi yang berujung hoax menjadikan energi itu terbuang percuma.

“Anak negeri kita di Sulawesi sedang dilanda bencana kok tega sih membuat drama?. Kalau menurut saya sih lebih baik kita fokus saja,” katanya.

Meski begitu, hoax menurut Dedi juga merupakan musuh bersama yang harus di lawan. Dia tidak merasa khawatir terhadap segmentasi masyarakat yang memiliki akses informasi yang kuat. Tetapi, segmen masyarakat lain yang tidak memiliki akses, sangat rentan terhadap penyebaran hoax.

“Verifikasi informasi itu perlu dilakukan. Mending kalau masyarakat yang punya akses untuk itu. Ini ada juga saudara kita yang dengan begitu mudahnya mengkonsumsi hoax sebagai kebenaran,” ujarnya.

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kolaborasi Jasa Tirta II dan PT Sri Pertiwi Sejati dalam Rencana Kerjasama Pengembangan Kawasan Cikarang International City

5 April 2023 - 12:08 WIB

Yili Indonesia Beri Dukungan Pada Program Konservasi Terumbu Karang di Kawasan Taman Nasional Pulau Komodo

23 November 2022 - 20:05 WIB

Gandeng Timnas Portugal, Yili Indonesia Luncurkan Joyday Champion Ball Yili Indonesia dukung sepakbola

10 November 2022 - 17:02 WIB

Aplikasi Sipindo Milik PT Ewindo Sukses Memberikan Dampak Positif Kepada Para Petani di Indonesia

9 September 2022 - 13:58 WIB

Siap-Siap Pemerintah Umumkan Bansos Pengalihan Subsidi BBM, Ini 3 Kelompok Penerima

29 Agustus 2022 - 17:23 WIB

Dewan Pers Buka Pengaduan Pemberitaan, Berikut Persyaratannya

9 Agustus 2022 - 21:52 WIB

Trending di Nasional