Menu

Mode Gelap

Nasional · 9 Sep 2022 13:58 WIB ·

Aplikasi Sipindo Milik PT Ewindo Sukses Memberikan Dampak Positif Kepada Para Petani di Indonesia


 salah satu perwakilan petani asal Jatimulyo, Dardi menunjukan aplikasi SIPINDO Perbesar

salah satu perwakilan petani asal Jatimulyo, Dardi menunjukan aplikasi SIPINDO

Purwakarta Post – Aplikasi Sistem Informasi Pertanian Indonesia (SIPINDO) Powered by Smartseeds yang diluncurkan oleh Perusahaan benih sayuran PT East West Seed Indonesia (EWINDO) atau dikenal dengan “Cap Panah Merah” terbukti memberikan dampak positif bagi petani Indonesia.

Hal ini terungkap dalam kunjungan CEO SIPINDO Muhammad Reza Hanjaya dan Program Manager Space for Sustainable Development Netherlands Space Office (NSO) Ruud Grim ke petani pengguna SIPINDO di Lampung yang mengaku produksi pertaniannya meningkat hingga lebih dari 22 persen pasca memanfaatkan aplikasi ini.

Selain produksi pertaniannya yang meningkat, para petani mengaku penggunaan pupuk menjadi lebih efisien dan pertumbuhan tanaman maksimal.

CEO SIPINDO Muhammad Reza Sanjaya mengatakan, aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang diharapkan mampu membantu petani mulai dari memprediksi cuaca secara lebih detail, merekomendasikan jumlah pupuk yang diperlukan berdasarkan lokasi dan juga panduan untuk melakukan praktik pertania yang baik dan benar untuk menuju pertanian berkelanjutan.

“Aplikasi yang dikembangkan oleh EWINDO ini sekaligus menjadi wujud semboyan kami yakni menjadi sahabat yang paling baik untuk petani,” kata Muhammad Reza Hanjaya.

Sementara itu, salah satu perwakilan petani asal Jatimulyo, Dardi mengatakan, melalui fitur ‘Anjuran Pemupukan’ di SIPINDO penggunaan pupuk menjadi lebih irit dan hasil panen menjadi lebih optimal.

Melalu fitur cuaca harian dia menjadi tahu prediksi kapan akan terjadi hujan, sehingga bisa mengambil keputusan aktivitas pertanian apa yang akan dilakukan di hari tersebut. “Yah jadi lebih tahu untuk dilakukan langkah selanjutnya,” kata dia.

Diketahui, aplikasi berbasis android ini merupakan inisiasi EWINDO atas pengalaman lebih dari 30 tahun pada pengembangan bisnis benih hortikultura di Indonesia.

Sejak diluncurkan pada April 2017 lalu, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 120 ribu petani yang menjangkau daerah Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali-Nusra, Sulawesi hingga Papua. Pertumbuhan pengguna terbesar di Jawa sebesar 54,2 persen dan Sumatera 22,5 persen. (DD)

Artikel ini telah dibaca 168 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kolaborasi Jasa Tirta II dan PT Sri Pertiwi Sejati dalam Rencana Kerjasama Pengembangan Kawasan Cikarang International City

5 April 2023 - 12:08 WIB

Yili Indonesia Beri Dukungan Pada Program Konservasi Terumbu Karang di Kawasan Taman Nasional Pulau Komodo

23 November 2022 - 20:05 WIB

Gandeng Timnas Portugal, Yili Indonesia Luncurkan Joyday Champion Ball Yili Indonesia dukung sepakbola

10 November 2022 - 17:02 WIB

Siap-Siap Pemerintah Umumkan Bansos Pengalihan Subsidi BBM, Ini 3 Kelompok Penerima

29 Agustus 2022 - 17:23 WIB

Dewan Pers Buka Pengaduan Pemberitaan, Berikut Persyaratannya

9 Agustus 2022 - 21:52 WIB

Mendag Dilaporkan ke Bawaslu

19 Juli 2022 - 15:41 WIB

Trending di Nasional