Desa

Tim Inovasi Kabupaten Gelar Rakor Evaluasi, Ini Hasilnya

Rapat koordinasi dan evaluasi tim inovasi kabupaten purwakarta

Purwakarta Post – Tim Inovasi Kabupaten (TIK) menggelar rapat koordinasi dan evaluasi Program Inovasi Desa tahun 2019 di Hotel Intan Purwakarta, Jumat (27/12/2019).

Rakor dan evaluasi TIK dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Pandadinata, M.Mpd. Peserta diikuti oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) kecamatan, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kecamatan dan Pendamping Desa.

Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Desa (PED) DPMD Purwakarta, Asep Suparman mengatakan rakor digelar dalam upaya penguatan pemanfaatan dana desa.

“Rakor hari ini mengevaluasi program inovasi desa selama setahun. Menyamakan persepsi dinas terkait dalam tim TIK pengawalan dana desa agar efektif dan efisien sesuai regulasi,” tuturnya.

Melalui Program Inovasi Desa diharapkan pemerintah desa dapat terus berinovasi dalam memanfaatkan dana desa.

“Hasil yang diharapkan dari inovasi desa, terkumpulnya data tentang hasil komitmen ide yang dapat dimasukan dalam APBDes,” timpalnya.

Tak Semua Masuk APBDesa

Koordinator Tenaga Ahli Kabupaten Purwakarta, Arief Syarif Hidayatullah mengatakan jumlah desa yang melakukan komitmen program inovasi naik sebesar 40 persen atau sebanyak 489 kartu komitmen. Meski naik, menururtnya jumlah program inovasi yang masuk dalam APBDesa masih sedikit.

“Inovasi di bidang infrastruktur sebanyak 194 kartu komitmen, PSDM 163, dan wirausaha 132 kartu komitmen. Yang masuk dalam replikasi atau RKPDesa 59 kegiatan dan masuk APBDEs hanya 7 kegiatan inovasi,” pungkasnya.

Loading...
www.domainesia.com
Click to comment

Berita Populer

To Top