Menu

Mode Gelap

Home · 10 Agu 2022 18:34 WIB ·

7 Bocah Pencuri Besi di Disporaparbud Purwakarta Berujung Damai. Kapolsek Kota : Korban Sudah Maafkan


 Proses perdamaikan 7 bocah pencuri besi di Disporaparbud oleh Polsek Kota Purwakarta Perbesar

Proses perdamaikan 7 bocah pencuri besi di Disporaparbud oleh Polsek Kota Purwakarta

Purwakarta Post – Sekelompok bocah yang diduga melakukan pencurian sarana olahraga besi lintasan skateboar di Kantor Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta berakhir damai.

Perdamain tersebut terjadi setelah aparat Polsek Purwakarta Kota, Polres Purwakarta melakukan upaya restorative justice terhadap kasus yang terjadi pada Senin 8 Agustus 2022 lalu.

Kapolsek Purwakarta Kota Kompol Januaryono mengatakan, dugaan pencurian yang dilakukan tujuh bocah tersebut merujuk ke arah damai atau melakukan tindakan restorative justice lantaran mempertimbangan faktor kemanusiaan.

“Kasusnya sudah ditutup melalui ‘restorative justice mengingat para pelaku masih di bawah usia 17 tahun,” ujar Kapolsek Kompok Januaryono, Rabu 10 Agustus 2022.

Dalam restorative justive, sambung dia, ketujuh bocah didampingi orang tuanya sudah dipertemukan dengan korban, yakni Kepala Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Agus Hasan Saepudin di kantornya.

“Ada beberapa poin yang disepakati yaitu korban dalam hal ini Kepala Disporaparbud Kabupaten Purwakarta tidak akan menuntut secara hukum dan sudah memaafkan terhadap para pelaku, pihak pelaku telah mengakui perbuatanya dan meminta maaf serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatan serupa,” kata Kompok Januaryono.

Untuk sangsi, sambung dia, para pelaku tersebut dikenakan wajib lapor ke Polsek Purwakarta Kota sebanyak 12 Kali.

“Sebagai bentuk pembinaan, jadi para pelaku ini didampingi oleh orangtuanya dikenakan wajib lapor ke Polsek Purwakarta Kota seminggu 2 kali yakni Senin dan Kamis,” ucap Kompol Januaryono.

Terkait kejadian ini, lanjut dia, pihaknya meminta kepada orangtua para bocah tersebut untuk lebih memperhatikan anak mereka agar hal serupa tidak kembali terulang.

“Memberi perhatian dan kontrol lebih terhadap tingkah laku anak tersebut. Ini untuk kebaikan mereka supaya tidak terulang lagi,” jelas Kompol H Januaryono.

Dihubungi terpisah, Kepala Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Agus Hasan Saepudin mengatakan pihaknya sudah memaafkan para bocah yang telah mencuri sarana olahraga besi lintasan skateboar tersebut.

“Sudah saya maafkan. Lagipula kalau kasus ini dilanjutkan dikhawatirkan anak-anak ini bukan jera tapi malah menjadi pencuri yang profesional. Untuk itu upaya restorative justice ini sudah sangat tepat demi masa depan anak-anak tersebut,” ujar dia.

Dalam pertemuan tersebut, sambung dia, pihaknya menekankan tidak boleh lagi dikemudian hari terjadi hal yang serupa karna itu Fasilitas umum harus dirawat di jaga dimanfaatkan untuk latihan bukan untuk di curi.

“Ke depan kita minta kepada orang tua dan tokoh masyarakat seperti RT dan RW agar melibatkan anak-anak tersebut dalam kegiatan ll menjaga Keamanan lingkungan, supaya mereka paham kalau perbuatan mencuri itu suatu tindakan kriminal. Saya sudah maafkan dan barang yang mereka curi juga sudah dikembalikan,” kata Agus. (DD)

Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pendaftaran PPS di Purwakarta Mulai Dibuka Besok, KPU : Kami Akan Rekrut 576 Orang

1 Mei 2024 - 12:31 WIB

Jalan Penghubung dan 4 Rumah Warga Rusak Akibat Pergerakan Tanah di Panyindangan Sukatani Purwakarta 

25 April 2024 - 19:27 WIB

Yuk Catat Meter Listrik Secara Mandiri Lewat Fitur SWACAM Di Apliksasi New PLN Mobile

25 April 2024 - 13:30 WIB

Dihari Pertama Pendaftaran PPK Untuk Pilkada 2024, KPU Purwakarta Catat 152 Orang Sudah Daftar

23 April 2024 - 20:19 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

19 April 2024 - 15:32 WIB

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Trending di Purwakarta