Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 7 Jan 2024 12:02 WIB ·

PLN UID Jabar Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Bencana Longsor dan Gempa di Sumedang dan Purwakarta


 PLN UID Jabar Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Bencana Perbesar

PLN UID Jabar Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Bencana

Purwakarta Post – PLN UID Jabar melalui Yayasan Baitul Mall (YBM) bergerak cepat salurkan bantuan paket sembako untuk para korban bencana alam di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakata dan warga terdampak gempa di Sumedang.

Gempa yang mengguncang Sumedang dengan kekuatan magnitudo 4,8 telah menyebabkan lebih dari 1.000 rumah mengalami kerusakan ringan maupun berat yang tersebar di 12 Kecamatan.

General Manager PLN UID Jabar Susiana Mutia mengungkapkan bahwa kejadian bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah Jawa Barat ini semoga bisa teratasi dengan cepat.

Tim PLN siap siaga untuk melakukan pengamanan terhadap asset PLN yang terdampak dan segera melakukan pemulihan pasca bencana.

“Kami berupaya untuk penormalan kondisi kelistrikan pasca bencana bisa berjalan dengan cepat dan penyaluran bantuan kepada warga yang terdampak kami pastikan segera sampai ke tempat-tempat pengungsian, dan kami turut prihatin atas musibah yang telah menimpa saudara-saudara kita,” ungkap Susiana.

Beberapa titik tenda pengungsian langsung dibangun pada lokasi yang memang terdampak cukup parah.

Pada Senin 1 Januari 2024 kurang lebih pada pukul 01.00 dini hari beberapa jam pascagempa, YBM PLN segera mengunjungi salah satu lokasi pengungsian di Desa Babakan Hurip RW 08, Kecamatan Sumedang Utara untuk menyerahkan bantuan air mineral dan makanan ringan.

Pada keesokan harinya, Ketua YBM PLN UID Jabar Dede Komara mendatangi langsung lokasi pengungsian tersebut dengan kembali menyerahkan bantuan air mineral, makanan ringan serta sembako.

“Mewakili YBM PLN, saya menyampaikan keprihatinan yang sebesar – besarnya kepada seluruh warga Sumedang atas terjadinya musibah gempa kemarin malam, Kami berharap masyarakat tetap sabar dalam menghadapi kejadian ini dan semoga bantuan yang kami sampaikan dapat sedikitnya meringankan beban warga”, ujar Dede.

Dede Komara bersama YBM PLN juga sempat menyampaikan bantuan berupa uang dan sembako kepada salah satu korban luka di kampung Pasanggrahan Desa Cisarua Kecamatan Cimalaka.

Selain itu YBM juga mengirimkan bantuan makanan siap saji untuk warga yang berada di tenda – tenda pengungsian, dan 50 kg daging ayam untuk dapur umum Kementrian Sosial Kabupaten Sumedang.

Manager PLN UP3 Sumedang Eko Hadi Pranoto menambahkan bahwa pihaknya tetap berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk membantu pemulihan kondisi pasca gempa.

“Komunikasi dan koordinasi masih kami lakukan dengan berbagai pihak sehingga kami dapat menyalurkan bantuan melalui YBM secara tepat sasaran” ungkap Eko.

Eko menambahkan, pihaknya masih tetap meningkatkan kewaspadaan juga kesiapan seluruh personel dan menyiagakan petugas untuk mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi pasca gempa, terutama menyangkut keselamatan ketenagalistrikan seluruh warga masayarakat.

Di tempat yang berbeda YBM PLN bergerak cepat salurkan bantuan paket sembako untuk para korban bencana alam Longsor di desa Sukamulya kecamatan Tegal Waru kabupaten Purwakata.

Menurut Mulyadinata Kepala Komandan Regu Badan Penangguangan Bencana Daerah (BPBD) mengatakan warga yang terdampak berjumlah 1.144 jiwa, dan untuk sementara kami buat tempat penampungan di SDN 02 Sukamulya.

“Kami ucapkan terimakasih atas support yang luar biasa cepat dari pihak PLN. Mulai dari mengamankan Listrik sampai dengan penyaluran bantuan sembako ini.” Ujar Mulyadinata.

Sebagai wujud kepedulian PLN melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) memberikan bantuan berupa sembako dan makanan siap saji untuk warga yang terdampak langsung oleh bencana alam ini. Penyerahan dilakukan oleh Manager UP3 Purwakarta Joy Mart Suaduon Sihalolo. Dan langsung di terima oleh Badan Penangguangan Bencana Daerah (BPBD).

“Kami ikut prihatin kepada kondisi warga yang terdampak dari longsor ini, semoga bantuan yang di berikan dapat bermanfaat dan membantu masyarakat yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. dan semoga menjadi amal ibadah bagi seluruh Pegawai PLN.” ungkap Joy Mart.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Jalan Penghubung dan 4 Rumah Warga Rusak Akibat Pergerakan Tanah di Panyindangan Sukatani Purwakarta 

25 April 2024 - 19:27 WIB

Yuk Catat Meter Listrik Secara Mandiri Lewat Fitur SWACAM Di Apliksasi New PLN Mobile

25 April 2024 - 13:30 WIB

Dihari Pertama Pendaftaran PPK Untuk Pilkada 2024, KPU Purwakarta Catat 152 Orang Sudah Daftar

23 April 2024 - 20:19 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

19 April 2024 - 15:32 WIB

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

Trending di Purwakarta