Menu

Mode Gelap

Politik · 29 Okt 2018 14:21 WIB ·

KPU Purwakarta Minta Bawaslu Menolak Permohonan Dua Partai


 KPU Purwakarta Minta Bawaslu Menolak Permohonan Dua Partai Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID – Kuasa Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta Dadang Supriadi SH meminta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk menggugurkan permohonan para pemohon terkait pencoretan nama calon anggota legislatif (caleg) bermasalah.

“Kami memohon agar Bawaslu menolak permohonan dari pihak pemohon sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Dadang, usai mediasi dengan Bawaslu, di Kantor Bawaslu Purwakarta, Jalan Basuki Rahmat, Senin (29/10/2018).

Kamis (25/10/2018) pekan kemarin mediasi sempat dilaksanakan, namun mentok. Dalam mediasi, kata dia, mediator (Bawaslu) meminta para pihak untuk bisa menyelesaikan secara damai.

“Namun terjadi satu kebuntuan. Sehingga agenda berikutnya diserahkan kepada majelis ajudikasi untuk memeriksa pokok perkara,” ujar dia.

Agenda sidang hari ini adalah menyampaikan apa yang menjadi pokok permasalahan dari pihak pemohon. Yaitu dari Partai Berkarya dan sudah dibacakan.

“Pihak KPU sudah menyampaikan nota jawaban. Jawaban disampaikan secara tertulis,” ucap dia.

Sidang sengketa akan kembali digelar pada Rabu (30/10/2018). Agenda nanti berkenaan dengan pemeriksaan bukti-bukti surat, baik dari pihak pemohon maupun dari pihak termohon. Berikut akan menghadirkan saksi-saksi dari kedua belah pihak.

“Semua yang kami sampaikan dalam jawaban itu berdasarkan alat bukti. Artinya kami tidak memberikan pendapat sendiri. Tapi semua berdasarkan bukti-bukti,” ujar dia.

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Purwakarta Ujang Abidin mengatakan, pihaknya telah membentuk ruang mediasi. Jika proses musyawarah mupakat tidak tuntas, mediasi akan masuk ke tahapan ajudikasi.

“Kami memiliki 12 hari kerja setelah perkara diregister. Tahapan mediasi sudah dilaksanakan per dua hari kerja kemarin,” ujar dia.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Astri Novita Sari, Srikandi Alternatif Calon Bupati Purwakarta

26 April 2024 - 11:35 WIB

Bela Wong Cilik, Om Zein Resmi Daftar ke PDIP Purwakarta Maju Sebagai Calon Bupati 2024

20 April 2024 - 20:44 WIB

Panwascam Bojong Pastikan Lakukan Pengawasan Secara Benar

2 April 2024 - 04:45 WIB

Belasan Anggota DPRD Ajukan Hak Interpelasi Terhadap Penjabat Bupati Purwakarta

28 Maret 2024 - 14:57 WIB

Belasan PAC PDIP Goyang Kandang Banteng Purwakarta

20 Maret 2024 - 18:57 WIB

Buka Pendaftaran Balon Bupati, DPC PKB Purwakarta Bentuk Desk Pilkada

18 Maret 2024 - 01:35 WIB

Trending di Politik