Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 27 Des 2015 15:01 WIB ·

Pemkab Purwakarta Gelar Fashion Show Pakaian Sunda


 Pemkab Purwakarta Gelar Fashion Show Pakaian Sunda Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Purwakarta menggelar fashion show pakaian khas Sunda dengan mengangkat tema “Samping Jangkung Gelung Jucung; Cermin Keadaban Wanita Sunda” yang digelar Sabtu, (26/12/2015) malam di Jalan KK Singawinata.

 

Fashion show pakaian khas Sunda yang diperagakan oleh model cantik berkebaya menjadi ikon karakter peradaban masyarakat Sunda. Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengatakan fashion menjadi salah satu produk peradaban yang menjadi identitas seseorang. Apa yang dikenakan masyarakat menjadi identitas kebudayaan dan asal seseorang.

 

“Salah satu karakter peradaban adalah Fashion, busana menjadi identitas manusia sehingga dari busana kita dapat mengidentifikasi dari mana seseorang berasal,” beber Dedi, seperti ditulis dari fanpage facebooknya, Minggu (27/12/2015).

 

Dedi mengatakan ada beberapa ciri seorang wanita Sunda saat memakai pakian khas yaitu mengenakan samping jangkung yang dipakai di atas mata kaki. Karenanya tidak jarang saat wanita memakai pakaian khas Sunda akan terlihat elegan namun tetap feminin. Selain sebagai simbol fashion feminin samping jangkung juga menjadi bahasa nonverbal kesantunan.

 

“Samping jangkung adalah pakaian khas wanita sunda, ia dipakai diatas mata kaki selain agar tampil elegan untuk menunjukan karakter feminim seorang wanita, samping jangkung juga merupakan ciri keadaban wanita Sunda,” jelasnya.

 

Ciri lain pakaian wanit Sunda menurut Dedi ialah penataan rambut yang terlihat anggun karena tertata rapi menyimpul ke atas. Sehingga akan nampak rapi dan tentunya menarik dipandang. Model penataan rambut itu sangat feminin dan memiliki identitas keperempuan.

 

“Gelung jucung sebuah tata rambut yang dibuat simpul tertentu diatas kepala, tidak “ngawigwig” (terurai),” tulisnya.

Artikel ini telah dibaca 60 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Jalan Penghubung dan 4 Rumah Warga Rusak Akibat Pergerakan Tanah di Panyindangan Sukatani Purwakarta 

25 April 2024 - 19:27 WIB

Yuk Catat Meter Listrik Secara Mandiri Lewat Fitur SWACAM Di Apliksasi New PLN Mobile

25 April 2024 - 13:30 WIB

Dihari Pertama Pendaftaran PPK Untuk Pilkada 2024, KPU Purwakarta Catat 152 Orang Sudah Daftar

23 April 2024 - 20:19 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

19 April 2024 - 15:32 WIB

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

Trending di Purwakarta