Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 11 Nov 2017 06:32 WIB ·

Kiai Ma’ruf Amin dan Dedi Mulyadi Hadiri Haul Syekh Baing Yusuf Purwakarta


 Kiai Ma’ruf Amin dan Dedi Mulyadi Hadiri Haul Syekh Baing Yusuf Purwakarta Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Rais Aam Pengurus Besar Nahdhatul Ulama Kiai Ma’ruf Amin dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi tampak hadir dalam acara peringatan Haul Syaikh Muhammad Yusuf bin Raden Djajanegara atau dikenal dengan panggilan Baing Yusuf di Mesjid Agung Baing Yusuf Purwakarta, Jum’at (10/11/2017).

Dedi sendiri hadir dalam kapasitasnya baik sebagai Bupati Purwakarta maupun sebagai Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama di kabupaten tersebut. Keakraban terlihat jelas antara Kiai Ma’ruf dan Dedi Mulyadi yang hadir mengenakan peci hitam dan kain sarung itu.

Dalam acara haul ini terungkap bahwa Baing Yusuf yang namanya diabadikan sebagai nama Mesjid Agung Purwakarta, merupakan keturunan ke 21 dari Prabu Siliwangi. Tak heran jika nilai kesiliwangian yang terdiri dari Silih Asah, Silih Asih dan Silih Asuh selama ini menjadi soko guru pembangunan di Purwakarta.

“Pada Tahun 1826, Baing Yusuf mendirikan mesjid ini (Mesjid Agung-red), sebelumnya bernama Mesjid Babakan Anyar. Saat itu, beliau sedang dalam perjalanan menyebarkan ajaran Islam kepada para badega pasca peperangan di wilayah Kutamanah (Purwakarta) dan Kutawaringin (Karawang),” ungkap salah satu keturunan Baing Yusuf, Raden Haji Sanusi saat membacakan riwayat datuknya tersebut.

Kesan mendalam juga dialami oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi atas sosok menjadi salah satu guru mulia dari Syaikh Nawawi al Bantani, datuk dari Kiai Ma’ruf Amin. Beberapa catatan sejarah menyebut, saat remaja, pria bernama asli Muhammad Nawawi bin Umar yang lahir di Kampung Tanara, Banten itu mengenyam pendidikan Agama dari Baing Yusuf.

“Baing Yusuf ini ulama besar, ulama yang menjadi guru ulama besar pula. Kita ketahui beliau merupakan guru dari kakek Kiai Ma’ruf Amin, Syaikh Nawawi al Bantani, seorang ulama Nusantara yang keilmuannya dihormati di Tanah Hijaz, Timur Tengah,” kata Dedi terkagum.

Catatan sejarah tersebut dibenarkan oleh Kiai Ma’ruf, berdasarkan cerita keluarga, Syaikh Nawawi al Bantani diketahui banyak berguru kepada beberapa ulama besar. Diantara ulama yang banyak diceritakan keluarganya adalah Baing Yusuf Purwakarta.

“Semasa muda, kakek saya berguru pada sejumlah ulama dan Syaikh Baing Yusuf merupakan salah satu guru besarnya,” tutur Kiai Ma’ruf.

Acara haul ini diisi dengan taushiah kebangsaan yang disampaikan oleh Kiai Ma’ruf Amin. Ia mengingatkan bahwa keadilan sosial harus menjadi tujuan dalam kehidupan sehari-hari tanpa memandang perbedaan suku, Agama dan kepercayaan.

“Bangsa kita ini bermacam-macam suku bangsa. Keadilan sosial harus menjadi pemersatunya sebagaimana diajarkan oleh Pancasila,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 58 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Jalan Penghubung dan 4 Rumah Warga Rusak Akibat Pergerakan Tanah di Panyindangan Sukatani Purwakarta 

25 April 2024 - 19:27 WIB

Yuk Catat Meter Listrik Secara Mandiri Lewat Fitur SWACAM Di Apliksasi New PLN Mobile

25 April 2024 - 13:30 WIB

Dihari Pertama Pendaftaran PPK Untuk Pilkada 2024, KPU Purwakarta Catat 152 Orang Sudah Daftar

23 April 2024 - 20:19 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

19 April 2024 - 15:32 WIB

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

Trending di Purwakarta