Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 1 Des 2017 17:04 WIB ·

Panwaslu Kabupaten Purwakarta Gelar Rapat Koordinasi


 Panwaslu Kabupaten Purwakarta Gelar Rapat Koordinasi Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta gelar Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pilbup dan Pilgub 2018, di Hotel Graha Vidya, Kamis (30/11/2017).

Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari unsur KPU, Panwascam, Ormas, OKP, dan sejumlah perwakilan unsur Muspida Purwakarta, membahas tentang tahapan proses pendaftaran calon sampai pada proses pengawasan penyelenggaraan Pilbup Purwakarta dan Pilgub Jabar 2018 mendatang.

“Sangat di butuhkan peran partisipatif dari semua masyarakat, terkait dengan partisipatif masyarakat, kita akan maksimalkan komponen-komponen kelompok masyarakat dengan potensi yang ada agar masyarakat mampu bekerja sama dengan lembaga Pengawas Pemilu serta ikut aktif melakukan pengawasan selama berlangsungnya Pilkada mendatang,” ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta, Oyang Este Binos, S.Fil.I.

Menurutnya, untuk mewujudkan Pemilukada dan Pemilu yang berkualitas dan bermartabat, pihaknya terus mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya proses hajatan demokrasi tersebut agar bisa berjalan sesuai ketentuan.

“Keterbatasan jumlah petugas Panwas juga menjadi salah satu alasan pentingnya melibatkan masyarakat dalam mengawasi Pemilu. Apalagi, masyarakat menjadi pelaku sekaligus pemanfaat proses dan hasil Pemilu atau Pilkada tersebut,” ujar Binos.

Ia mengatakan, adanya sejumlah titik rawan pelanggaran dalam sejumlah tahapan Pemilu, menuntut perlunya pengawasan partisipatif dari masyarakat.

“Misalnya, tahap pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye maupun saat pungut hitung suara,” tutur Binos dihadapan peserta.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Jalan Penghubung dan 4 Rumah Warga Rusak Akibat Pergerakan Tanah di Panyindangan Sukatani Purwakarta 

25 April 2024 - 19:27 WIB

Yuk Catat Meter Listrik Secara Mandiri Lewat Fitur SWACAM Di Apliksasi New PLN Mobile

25 April 2024 - 13:30 WIB

Dihari Pertama Pendaftaran PPK Untuk Pilkada 2024, KPU Purwakarta Catat 152 Orang Sudah Daftar

23 April 2024 - 20:19 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

19 April 2024 - 15:32 WIB

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

Trending di Purwakarta