Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 1 Mar 2019 07:58 WIB ·

Generasi Milenial Purwakarta Dituntut Siap Hadapi Industri 4.0


 Generasi Milenial Purwakarta Dituntut Siap Hadapi Industri 4.0 Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif.

Kepala Bidang Kepemudaan Disporaparbud Purwakarta, Ahmad Arif Imamulhaq mengatakan keberadaan internet dan tantangan industri 4.0 sebagian besar tidak direspons secara positif. Alih-alih memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk kepentingan masa depan yang lebih baik, kaum milenial lebih condong menggunakannya untuk bersenang-senang, main game, atau bermedsos ria.

“Tantangan anak muda adalah soal kualitas sumber daya manusia yang kreatif, produktif dan kompetitif. Di sisi lain, generasi milenial mengalami pergeseran tata nilai, mental dan spiritual. Dampaknya, mereka sudah tercerabut dari budaya dan tradisi, namun belum siap hadapi revolusi industri 4.0,” demikian diungkapkan Kabid Kepemudaan usai menerima dua orang pemuda pegiat dunia digital, Farlan Rachman Maulana dan Muhammad Ghifari Yusuf, Kamis (28/2/2018).

Diketahui, Farlan Rachman Maulana sedang berupaya merampungkan aplikasi Gojek In yang dirancangnya. Sementara Muhammad Ghifari Yusuf adalah founder aplikasi Dzikirqu yang sudah dapat didownload pada google playstore.

Farlan dan Ghifari berharap bidang Kepemudaan Disporaparbud dapat mendorong dan membantu memfasilitasi generasi milenial dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

“Kami berharap bidang kepemudaan terus mendorong, membimbing dan memberikan fasilitas bagi anak-anak muda Purwakarta agar dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya menjadi kompetensi dan prestasi,” tutur Farlan Rachman Maulana, alumnus SMAN 1 Sukatani tersebut.

Sementara Ghifari menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam membangun generasi muda Purwakarta.

“Insyaallah saya siap membantu program kepemudaan yang ditujukan agar setiap anak muda dapat berdaya dan bermanfaat bagi diri, masyarakat dan bangsanya dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Untuk itu, dalam waktu dekat kami akan bekerjasama dengan bidang kepemudaan menggelar seminar dan workshop tentang revolusi industri.” ungkap pelajar yang menamatkan pendidikan SMP-nya di Al-Moattasem International School di Arab Saudi.

Artikel ini telah dibaca 115 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Jalan Penghubung dan 4 Rumah Warga Rusak Akibat Pergerakan Tanah di Panyindangan Sukatani Purwakarta 

25 April 2024 - 19:27 WIB

Yuk Catat Meter Listrik Secara Mandiri Lewat Fitur SWACAM Di Apliksasi New PLN Mobile

25 April 2024 - 13:30 WIB

Dihari Pertama Pendaftaran PPK Untuk Pilkada 2024, KPU Purwakarta Catat 152 Orang Sudah Daftar

23 April 2024 - 20:19 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

19 April 2024 - 15:32 WIB

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

Trending di Purwakarta