Purwakarta Resmi Luncurkan Webdesaku, Layanan Digital Warga Desa

  • Bagikan

Purwakarta Post – Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta resmi meluncurkan Webdesaku, layanan digital bagi warga di 183 desa.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Ida Siti Hamidah menuturkan, sejauh ini pihaknya berupaya mendorong supaya wilayah pedesaan bisa menjadi wilayah berbasis teknologi dan informasi. Karena, menurutnya, memang sudah seharusnya di era digital seperti sekarang ini, wilayah desa itu melek internet.

Terbaru, dinas yang dipimpinnya itu menggelar launching website resmi untuk desa-desa di seluruh kabupaten dengan nama Webdesaku. Dalam website dengan tagline Desa Cerdas Untuk Purwakarta Istimewa itu juga terdapat kanal jual beli online prodak desa dengan nama Lapak Online Desa. Yang memiliki tagline; Prodak Desa Mendunia.

Menurutnya, dengan domain desa dot id (desa.id), Webdesaku merupakan website resmi desa yang ada di Kabupaten Purwakarta dengan menggabungkan konsep e-commerce dan layanan pemerintah desa lainnya serta memberikan transparansi publik mengenai aktivitas desa.

“Webdesaku adalah branding website resmi untuk 183 desa di Kabupaten Purwakarta. Website ini dibuat oleh Diskominfo bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) selaku pembina perangkat Desa dan Bumdes, Bapenda Purwakarta, Bapenda Jawa Barat dan BJB,” ujar Ida, disela Launching Webdesaku di Bale Yudhistira, Komplek Pemkab Purwakarta, Rabu (24/2/2021).

Kata dia, Webdesaku juga adalah salah satu isi dari program Desa Cerdas (Smart Village) dan merupakan bagian dari program Kota Cerdas (Smart City) yang dicanangkan oleh Kementerian Kominfo dan Kemendes.

“Website ini berisi; keterbukaan informasi publik berupa tranparansi kegiatan Pemdes, profil desa, dan aktivitas desa. Informasi pariwisata sebagai bagian menyukseskan program satu desa satu objek wisata. Lapak online, sebagai sarana untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sekaligus sebagai pemulihan ekonomi pada masa pandemi dengan mengangkat produk warga untuk dibantu dijual oleh Bumdes di setiap desa,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Ida, Webdesaku juga diproyeksikan sebagai sarana untuk lebih mengefektifkan Bumdes yang ada di 183 desa di wilayah Purwakarta.

“Webdesaku juga bekerjasama dengan Samsat Provinsi Jawa Barat dan juga Bappenda Kabupaten Purwakarta sebagai media untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan juga pajak bumi dan bangunan di Bumdes sehingga diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Purwakarta,” ujarnya, seraya mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya program ini.

Implementasi Program 9 Langkah Melanjutkan Purwakarta Istimewa

Di tempat yang sama, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengungkapkan kebanggaan kepada jajarannya yang telah mengimplementasikan salah satu Program Sembilan Langkah Melanjutkan Purwakarta Istimewa yaitu, Pengembangan desa berbasis produk unggulan dan pengembangan investasi yang dikelola Bumdes.

“Alhamdulillah, semoga Webdesaku, juga dapat menunjang program-program lanjutan lainnya dari sembilan langkah menuju Purwakarta Istimewa,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, website ini juga akan menjadi fasilitas promosi untuk produk-produk unggulan yang sesuai dengan RPJMD Kabupaten Purwakarta yang tertuang dalam 9 Langkah Melanjutkan Purwakarta Istimewa.

“Kami juga berharap website ini menjadi fasilitas bagi seluruh produk yang ada di desa di seluruh Kabupaten Purwakarta. Harus dijadikan sebagai tempat pemasaran. Yang kedua adalah untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama kaitan dengan fasilitas untuk akses pembayaran seperti pajak kendaraan bermotor misalnya,” ujar Anne.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *