Menu

Mode Gelap

Politik · 24 Jan 2016 07:31 WIB ·

Komposisi Sementara AKD DPRD Purwakarta, Januari 2016


 Komposisi Sementara AKD DPRD Purwakarta, Januari 2016 Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Berikut ini komposisi sementara jumlah anggota alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Purwakarta, Jawa Barat dari pantauan hasil paripurna AKD yang digelar, Jumat (22/1/2016). Hasil paripurna sementara diketahui komposisi AKD sebagai berikut.

 

Selama paripurna berlangsung berikut ini komposisi anggota AKD berdasarkan usulan fraksi yang masuk untuk enam AKD yang tersedia di DPRD Purwakarta.

 

Badan Musyawarah (Bamus) diusulkan fraksi diisi sebanyak 19 anggota. Bamus paling banyak diperebutkan lantaran kegiatan Bamus lebih banyak dari dibandingkan alat kelengkapan lainnya.

 

Badan Anggaran (Banggar) diisi sebanyak 19 orang anggota. Badan Anggaran banyak yang meminati lantaran terkesan dekat dengan pengusulan, revisi hingga pengesahan anggaran daerah atau anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

 

Badan Kehormatan (BK) hanya diminati 3 orang anggota. BK paling sedikit diisi lantaran kerjanya kegiatannya tidak begitu banyak, di sisi lain BK juga minim mendapat porsi kegiatan.

 

Komisi I, secara umum membidangi urusan hukum, dan perizinan. Komisi I diusulkan diisi oleh 17 orang anggota.

 

Komisi II, secara garis besar mengurusi lingkungan, komisi II diisi sebanyak 3 orang anggota. Jumlah ini dijauh ideal anggota komisi. Alasan komisi II minim peminat lantaran lebih pada trendnya yang kalah pamor dengan komisi lain.

 

Komisi III, secara umum mengurusi bidang perekonomian dan retribusi daerah. Komisi III diusulkan diisi sebanyak 19 orang anggota. Komisi III paling banyak diminati ketimbang tiga komisi lainnya.

 

Komisi IV, memiliki tugas mengurusi pendidikan, ketenagakerjaan dan sosial. Komisi IV hanya diusulkan diisi 2 orang anggota. Komisi IV paling sedikit dari empat komisi yang ada di DPRD Purwakarta.

 

Selebihnya 4 orang pimpinan yaitu Ketua DPRD, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II dan Wakil Ketua III.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Bela Wong Cilik, Om Zein Resmi Daftar ke PDIP Purwakarta Maju Sebagai Calon Bupati 2024

20 April 2024 - 20:44 WIB

Panwascam Bojong Pastikan Lakukan Pengawasan Secara Benar

2 April 2024 - 04:45 WIB

Belasan Anggota DPRD Ajukan Hak Interpelasi Terhadap Penjabat Bupati Purwakarta

28 Maret 2024 - 14:57 WIB

Belasan PAC PDIP Goyang Kandang Banteng Purwakarta

20 Maret 2024 - 18:57 WIB

Buka Pendaftaran Balon Bupati, DPC PKB Purwakarta Bentuk Desk Pilkada

18 Maret 2024 - 01:35 WIB

Irwan Siap Maju Pada Pemilihan Bupati Purwakarta

13 Maret 2024 - 21:19 WIB

Trending di Politik