Menu

Mode Gelap

Opini · 29 Apr 2019 20:48 WIB ·

Ini Prediksi 45 Nama Anggota DPRD Purwakarta 2019


 Ini Prediksi 45 Nama Anggota DPRD Purwakarta 2019 Perbesar

Setidaknya ada 23 caleg petahana yang diprediksi bakal melenggang kembali ke Gedung Dewan Ciganea untuk periode 2019-2024. Sedangkan sisanya, diprediksi bakal diisi muka-muka baru yang didominasi oleh caleg generasi milenial.

Dapil I

Di Daerah Pemilihan Purwakarta 1 yaitu Kecamatan Purwakarta Kota. Dari 8 kursi yang diperebutkan, diprediksi 8 partai mendapatkan masing-masing 1 kursi. Diperkirakan ada 5 petahana yang masih bertahan, diantaranya: dari PKB, Alaikassalam dari Gerindra, Fitri Maryani, dari Demokrat, Haerul Amin Prasetya, dari PDIP, Warseno dan dari PPP, Yanthi Nurhayati.

Sementara ada 3 muka baru yang berasal dari 3 partai diantaranya ada dari PAN, Agus Sugianto dari PKS, Dedi Juhari dan dari Golkar, istri Ketua DPD KNPI Purwakarta, Asep Supriatna: Tuti Rohani diperkirakan bakal melenggang ke Gedung Dewan Ciganea.

Dapil 2

Di Daerah Pemilihan 2 Purwakarta, yang meliputi Kecamatan Campaka, Cibatu, Bungursari dan Babakan Cikao. Setidaknya ada 7 nama caleg petahana yang diprediksi bakal duduk kembali duduk sebagai wakil rakyat, diantranya; ada Ketua DPC PKB Purwakarta, Neng Supartini dan Ketua DPC Partai Gerindra Purwakarta, Sri Puji Utami.

Sementara dari PAN ada Agus Sundana, Demokrat, Amas Mastur, Golkar, Ahmad Sanusi dan Anita Diana, meski loncat pagar ke Golkar, tokoh perempuan dari Kecamatan Cibatu ini tetap meraih suara signifikan. Dari partai berlambang banteng, Ina Herlina dipredikasi kembali terpilih. Dua nama lainnya, yang tergolong muka baru, berasal dari Nasdem yaitu Conrad Surawijaya dan dari PKS ada nama Moh. Arief Kurniawan.

 

Dapil 3

Lalu, ini juga masih prediksi. Untuk Daerah Pemilihan Purwakarta 3, yang meliputi Kecamatan Pasawahan, Pondoksalam, Wanayasa dan Kiarapedes, hanya ada 2 nama caleg petahana yang bisa mempertahankan kursi legislatif di dapil tonggoh tersebut. Diantranya, dari PKB, Ahmad Sumita Sutjana dan dari PDIP, Lina Yuliani.

Untuk 5 kursi lainnya, diisi oleh muka-muka baru yang berasal dari 4 partai, yaitu: dari Hanura Muhsin Junaedi, dari Golkar, Yulian Irsyafri dan Akun Kurniadi, dari PKS, Didin Hendrawan dan dari Gerindra, Said Ali Azmi.

Dapil 4

Sementara itu, pertarungan sengit antara Golkar dan Gerindra ditenggarai terjadi di Daerah Pemilihan Purwakarta 4, yang meliputi Kecamatan Darangdan dan Bojong. Diperkirakan dari 6 kursi yang diperebutkan, kedua partai itu masing-masing meraih 2 kursi. Dari Gerindra ada nama putra Mantan Sekda Ruslan Subanda yaitu Rifky Fauzi yang digadang-gadang bakal melenggang kembali. Dan ada muka baru, Zyusef Gusnawan.

baca juga: Ini Klasemen Sementara Dapil Jabar 7 DPR RI Versi Dakoram Center

Untuk Golkar, ada 2 petahana yang diperkirakan bakal melenggang, yaitu pengusaha manggis, Oja Sutisna dan politisi senior partai Golkar, Enah Rohanah. Dua kursi lainnya adalah PKB, Zaenal Arifin dan PDIP Ujang Rosadi.

Dapil 5

Masih tetap prediksi, di Daerah Pemilihan Purwakarta 5 yang meliputi Kecamatan Plered, Tegalwaru dan Maniis, hanya ada 1 petahana yang sanggup bertahan, yaitu Andri Yani dari Partai Gerindra.

Sementara 7 kursi lainnya diraih wajah-wajah baru yang didominasi oleh generasi milenial diataranya; dari PKB ada Ceceng Abdul Qodir, Golkar ada Dias Rukmana Praja dan Rahman Abdurrahman, Nasdem ada Devi Mutiara Sari, wanita cantik ini diketahui sebagai adik dari Ketua DPD Partai Nasdem Purwakarta, Astri Novita Sari, yang belum beruntung bertarung di Dapil 6.

Lanjut. Dari PDIP ada Yadi Nurbahrum, yang tercatat sebagai Ketua PAC PDIP Kecamatan Maniis, lalu dari PKS ada Asep Nuryani dan dari PPP ada Neneng Sri Kustimah.

Dapil 6

Kemudian, dari Daerah Pemilihan Purwakarta 6, yang meliputi Kecamatan Jatiluhur, Sukatani dan Sukasari, diprediksi ada 4 petahana yang bakal duduk kembali sebagai wakil rakyat, diantaranya dari Golkar ada Komarudin dan Putrianti Putik Harumewangi, dari Demokrat, Asep Chandra Teja Kusmana dan dari PKB, Hidayat.

Untuk 3 muka baru dari dapil tersebut diantaranya ada Ketua MPC Pemuda Pancasila, Nina Heltina yang maju lewat Partai Gerindra, lalu Ketua DPD Partai Berkarya, Asep Abduloh dan dari PKS ada nama, Dedi Sutardi.

Dari, data diatas, jika diestimasikan, prediksi perolehan kursi untuk DPRD Purwakarta adalah sebagai berikut; Golkar 11 kursi, Gerindra 7 kursi, PKB 6 kursi, PDIP 5 kursi, PKS 5 kursi, Demokrat 3 kursi, Nasdem 2 kursi, PPP 2 kursi, PAN 2 kursi, Hanura 1 kursi dan Partai Berkarya, memperoleh 1 kursi.

Sekali lagi, hal yang diungkap diatas sejatinya hanya sebuah prediksi, politik itu dinamis, perubahan bisa terjadi di lebak atau di tonggoh. Untuk kepastiannya, mari sama-sama kita tunggu hasil rekapitulasi tingkat kabupaten yang akan mulai digelar KPU Purwakarta pada 30 April 2019, besok.[***]

Yuslipar
Penulis adalah Kepala Kantor Berita RMOL Jabar Biro Purwakarta, Subang dan Bekasi

Artikel ini telah dibaca 562 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kursi Empuk DPR RI dan DPRD Provinsi, Siapa Berpeluang?

7 Januari 2024 - 17:16 WIB

Sahabat Disabilitas: Diberdayakan, Bukan Dimanfaatkan

8 November 2023 - 17:58 WIB

Kyai Anwar Nasihin dan Kiprah NU untuk Kemajuan Purwakarta

3 September 2023 - 13:45 WIB

Pemilih Pemula Sudah Seperti Buih di Lautan

21 Februari 2023 - 13:05 WIB

Angka Kemiskinan Diantara Program Melanjutkan Purwakarta Istimewa

20 Februari 2023 - 16:07 WIB

Masih adakah Mahasiswa yang Dirindukan Seperti Sejarah di Buku Pergerakan?

12 Februari 2023 - 19:00 WIB

Trending di Opini