Opini

Upaya Warga Perum Cimaung dalam Mencegah Penyebaran Covid-19 dan Penyakit Menular Lainnya

Pandemi Covid-19 nampaknya belum terlihat kapan akan berakhir hingga berdampak jelas  pada berbagai sektor kehidupan. Banyak upaya yang dilakukan oleh masyarakat dalam melakukan pencegahan penyebaran penyakit Covid-19 dan juga penyakit lainnya. Kegiatan masyarakat pada akhirnya banyak dikurangi untuk meminimalkan risiko penyebaran virus corona baru.

Dalam rangka program KKN mandiri ini banyak mengambil dari berbagai macam sektor salah satunya sektor kesehatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam melaksanakan pencegahan penyebaran penyakit di masa Pandemi COVID-19, dengan cara memberikan sosialisasi atau melakukan kegiatan kebersihan dan kesehatan lainnya.

Kegiatan KKN Era COVID-19 ini dilaksanakan oleh Putri Ayu Listiyanti (1704782), mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr.Hafiziani Eka Putri, M.Pd. yang membimbing mahasiswa KKN kelompok 3 mulai dari awal penyusunan proposal kegiatan hingga akhir penulisan laporan kegiatan.

Kebersihan dan kerapian lingkungan tempat tinggal merupakan satu dari beberapa faktor penting dalam upaya menciptakan suasana nyaman bagi seluruh warga Perum Cimaung RW 08 kecamatan Ciseureuh Kabupaten Purwakarta dan juga lingkungan sekitarnya. Setiap rumah tentu selalu berupaya mewujudkan lingkungan yang bersih dengan menerapkan selalu bergotong royong dalam kerja bakti untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Untuk menarik minat warga, penulis membuat pamflet yang di desain semenarik mungkin dan dibagikan pada warga, yang didalamnya mensosialisasikan tentang pentingnya selalu menerapkan protokol kesehatan serta penerapan ini dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Beberapa cara dan upaya yang dilakukan warga Perum Cimaung dalam menjaga kebersihan lingkungan antara lain: rutin melakukan kerja bakti dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, pengambilan sampah disetiap rumah rutin setiap hari dilakukan oleh petugas kebersihan, dan diadakan penyemprotan untuk mencegah penyakit DBD.

Selain mencegah penyebaran Covid-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak serta berkegiatan dirumah saja, warga perum cimaung juga melakukan penyemprotan rutin untuk mencegah adanya penyebaran penyakit DBD. Karena saat ini sedang musim penghujan dimana penyebaran penyakit DBD semakin cepat berkembang.

Dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit dan menjaga kebersihan lingkungan, warga perum cimaung juga membatasi setiap kegiatan yang mengundang kerumunan. Selain itu disediakan juga tempat mencuci tangan di setiap lingkungan sekitar perumahan agar memudahkan warga dalam mencuci tangan.

Kebersihan dan kesehatan lingkungan Perumahan Cimaung menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan warganya. Hal ini bahkan menjadi faktor penting demi mencegah penyebaran penyakit. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Sehingga kebersihan merupakan usaha manusia agar lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus dan berkesinambungan.

Penulis : Putri Ayu Listiyanti

Loading...
www.domainesia.com
Click to comment

Berita Populer

To Top