Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 27 Mar 2020 17:11 WIB ·

Kontak dengan Pasien Positif, 35 Tenaga Medis Purwakarta Berstatus ODP


 Kontak dengan Pasien Positif, 35 Tenaga Medis Purwakarta Berstatus ODP Perbesar

Purwakarta Post – Sebanyak 35 tenaga medis dari dua rumah sakit yakni RSUD Bayu Asih dan salah satu RS swasta di Purwakarta masuk dalam daftar orang dalam pemantauan (ODP) paska melakukan kontak dengan pasien dalam pengawasan (PDP) yang kini positif Covid-19.

Satuan Tugas Khusus Covid-19 Kabupaten Purwakarta kembali melansir perkembangan penyebaran Covid-19 di 17 kecamatan di wilayah Purwakarta.

Terjadi penambahan yang cukup signifikan pada orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Dari yang sebelumnya hanya 48 orang, hari ini ada naik menjadi 100 ODP.

Menurut Satgassus Covid-19 Purwakarta, yang diwakili, dr Erlitasari, penambahan jumlah ODP ini disebabkan karena adanya tenaga kesehatan dan keluarga pasien yang memang kontak langsung dengan orang yang berstatus positif.

“Hari ini perkembangannya ODP 100, PDP 4, dan positif 1 orang. Penambahan ini termasuk di dalamnya ada tenaga kesehatan dan keluarga pasien yang sebelumnya telah dinyatakan positif,” kata Ertlita pada Update Covid-19 Purwakarta, di Gedung Negara Bale Nagri, Purwakarta, Jumat (27/3/2020).

Atas hal itu, Pemda Purwakarta melalui Satgassus Covid-19 terus mengimbau kepada warga masyarakat agar senantiasa terus menerapkan anjuran sosial distancing.

Sementara, terkait jumlah tenaga kesehatan yang terindikasi terpapar, Erlita menyebut terdapat sebanyak 35 orang yang bertugas di Rumah Sakit MH Thamrin Purwakarta dan RSUD Bayu Asih.

“Ada 35 tenaga kesehatan yang ODP dan mereka bekerja di Bayu Asih juga Thamrin. Kalau PDP berkurang menjadi 4 orang lantaran terkonfirmasi dokter bahwa pasien itu sembuh,” ujarnya.

Sementara itu, berbagai upaya juga dilakukan oleh Satgassus untuk terus meminimalisir penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Purwakarta. Diantarannya dengan melakukan desifeksi areal publik oleh dinas-dinas di lingkungan Pemkab Purwakarta secara simultan oleh Damkar, TNI, Polri dan OPD secara serentak.

“Kita juga akan melakukan penambahan kapasitas ruangan isolasi di RSUD Bayu Asih dan penjajakan kesiapan rumah sakit swasta dalam kesiapan antisipasi Covid-19,” pungkas dr. Erlita

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

19 April 2024 - 15:32 WIB

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

GM PLN Jabar Lakukan Inspeksi, Pastikan SPKLU Siap Layani Pemudik

9 April 2024 - 23:50 WIB

PLN Purwakarta Bersama Jasa Marga Cek SPKLU di Rest Area Tol Cipularang

9 April 2024 - 16:19 WIB

PLN UP3 Purwakarta Gelar Apel Siaga Kelistrikan Untuk Memastikan Kehandalam Listrik Selama Lebaran

7 April 2024 - 20:34 WIB

Trending di Purwakarta