Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 26 Des 2019 15:58 WIB ·

Gerhana Matahari, Polres Purwakarta Gelar Sholat Kusuf Berjamaah


 Gerhana Matahari, Polres Purwakarta Gelar Sholat Kusuf Berjamaah Perbesar

Purwakarta Post – Gerhana matahari terjadi di sebagian wilayah Indonesia, Kepolisian Resort (Polres) Purwakarta menggelar sholat Kusuf berjamaah di Mesjid Asy-Syifa komplek Polres Purwakarta, Kamis (26/12/2019).

Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius mengatakan sholat Kusuf digelar sebagai wujud syukur atas kebesaran Allah.

“Shalat sunah gerhana berjamaah ini dilaksanakan untuk mengagumi kebesaran Allah SWT yang serba maha di mana tadi udah langsung gerhana matahari cincin dan ini menunjukkan bahwa kuasa Tuhan yang memang tiada batasnya,” kata AKBP Matrius.

Menurutnya, sebagai manusia yang beriman tentunya melaksanakan ibadah shalat sunah gerhana matahari berjamaah dilakukan sebagai wujud rasa syukur sebagai hamba Allah SWT dan untuk mendekatkan diri kepada yang Tuhan yang maha kuasa.

“Kita patut bersyukur atas kebesaran Allah SWT. Kita dalam Islam disunahkan shalat gerhana. Yang jelas peristiwa alam yang menjadi tanda keagungan Allah SWT ini harus disambut umat manusia sebagai hamba-Nya yang sangat lemah dengan shalat dan berdoa untuk kehidupan yang lebih baik,” kata dia.

Matrius mengatakan fenomena ini untuk mengingatkan manusia bahwa semua yang ada di alam semesta adalah ciptaan Allah SWT.

“Mulai dari bintang-bintang, langit, bulan, matahari, galaksi, dan tata surya, semua ciptaan-Nya,” katanya.

Esensi dari peristiwa alam ini agar manusia sebagai hamba ciptaan Tuhan lebih bersyukur sehingga dapat meningkatkan kembali keimanan serta ketakwaannya.

“Apalagi saat ini peristiwa alam ini dapat dijangkau lewat teknologi canggih. Yang jelas gerhana ini bukanlah tanda akhir zaman melainkan tanda kebesaran Allah SWT,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Matrius, selain sebagai tanda ketaatan, kegiatan ini juga sekaligus juga rasa syukur kita atas keamanan kenyamanan dan lancarnya kegiatan masyarakat di Kabupaten Purwakarta.

“Di mana walaupun sudah berlangsung kegiatan libur anak sekolah dan perayaan natal sampai saat ini situasi di Kabupaten Purwakarta masih aman nyaman kondusif dan tentunya ini tidak akan terjadi tanpa peran serta semua lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, PLN Purwakarta Siapkan 8 SPKLU di Tol Cipularang dan Cipali

27 Maret 2024 - 17:25 WIB

KWT Purwakarta Bagikan Takjil Sayuran Segar Kepada Warga

26 Maret 2024 - 21:09 WIB

Dedi Mulyadi Puji Kualitas Pelayanan PLN Purwakarta

25 Maret 2024 - 21:28 WIB

RAPIM Purwakarta Syukuran Kemenangan Prabowo-Gibran

20 Maret 2024 - 18:52 WIB

Tradisi Ekstrim, Ngabuburit di Perlintasan KA Plered Purwakarta

17 Maret 2024 - 22:01 WIB

Cetak Santripreneur, Ponpes Miftahul Huda Alburhany, Plered Purwakarta Sukses Membuat Furniture

17 Maret 2024 - 00:15 WIB

Trending di Purwakarta