Menu

Mode Gelap

News · 25 Jul 2019 17:34 WIB ·

Bakal Pecahkan Rekor MURI, Sekretariat DPRD Purwakarta Siap Sambut “Ngarak Awug”


 Bakal Pecahkan Rekor MURI, Sekretariat DPRD Purwakarta Siap Sambut “Ngarak Awug” Perbesar

Purwakarta Post – Sekretariat DPRD Purwakarta siap memeriahkan ’Ngarak Awug’ dalam festival budaya Nyi Pohaci, salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi Purwakarta ke-188 dan Kabupaten Purwakarta ke-51.  Rencananya, acara yang akan digelar Sabtu (27/7) ini masuk dalam agenda pemecahan rekor Muri, lantaran akan diikuti seluruh OPD di Kabupaten Purwakarta.

Kesiapan itu tercermin dalam breifing yang dipimpin Sekretaris DPRD Drs. H. Suhandi, M.Si  dengan seluruh Kabag, Kasubag, dan seluruh pegawai Setwan baik ASNmaupun non ASN, di ruang rapat gabungan komisi, Kamis (25/7).

Menurut Koordinator kegiatan, Kasubag Hurtaga Suhaeli, Spd. Mpd,  sesuai hasil rapat dengan panitia kabupaten, dalam festival mengarak awug ini rombongan diawali pasukan patroli. Diawali patroli motor, patroli mobil dan pasukan berkuda, termasuk kereta kencana.

”Mereka mengambil start  di depan GS, Pasar Jumat dan berakhir di Jalan Tengah, bekas kantor Kapolwil Purwakarta,” jelasnya. ”Sedangkan pasukan berkuda terdiri para camat dari 17 kecamatan di Purwakarta, termasuk juga kereta kencana berada dalam iring-iringan ini,” lanjutnya, seraya menambahkan, acara dimulai pukul 19.30 WIB.

Untuk pasukan awug, kata Suhaeli yang biasa dipanggil Ueng, diawali rombongan dari kecamatan dan desa-desa di wilayah kerjanya.  ”Camat dan desa-desa di bawahnya ini menjadi barisan terdepan dalam pasukan awug,”jelasnya.

Ia menambahkan, setelah pasukan awug dari kecamatan, diisi rombongan kesenian rengkong. Kemudian, baru diisi OPD-OPD se-Purwakarta. Masalahnya, Lanjut Ueng, panitia tidak mengundi urutan nomor OPD mana selanjutnya. ”Jadi, siapa yang datang duluan, dia yang menjadi urutan terdepan,” katanya.

Oleh karena itu, terang Ueng, pasukan awug Setwan akan ”bermarkas” di UPI Purwakarta, seberang swalayan Giant sejak pukul 9.00 WIB. ”Sesuai rencana, kesenian Singa Depok dan Rengkong juga mulai stanby  di UPI jam 9 pagi,” jelasnya, seraya menegaskan, agar sejak pagi sudah ada petugas yang memilih dan menjaga tempat, supaya tidak berada di urutan belakang.

Ueng menerangkan, barisan terdepan dari rombongan Setwan ini adalah pasukan pembawa bendera, baik bendera merah-putih maupun bendera partai. Kelompok ini, sambungnya, terdiri dari anggota Paskibraka, yang sengaja diundang.

Ditegaskan pula oleh Sekretaris DPRD Purwakarta Drs. H. Suhandi, M.Si, karena di Gedung DPRD anggotanya terdiri dari beberapa partai, maka sudah sewajarnya jika kita juga mengibarkan bendera-bendera partai untuk mewakili partai-partai terkait .

”Nah, untuk pasukan ini memang sengaja bekerjasama dengan Purnabakti Paskibraka supaya  lebih tertib dan profesional,” jelasnya, seraya menambahkan, walau sebenarnya pegawai Setwan juga bisa melaksanakannya, tapi belum terlatih seperti pasukan paskibraka.

Selanjutnya, Ueng merinci lebih jauh gelar pasukan awug dari Setwan, setelah pasukan pembawa bendera disusul grup kesenian Singa Depok dan Rengkong, kemudian rombongan Sekwan, Kabag dan Kasubag, beserta Dharma Wanita Persatuan.

”Di sini nanti kita minta Sekwan dan Kabag untuk naik Singa Depok,” ujarnya, yang langsung mendapat aplaus peserta rapat.

Ueng melanjutkan, bagian selanjutnya adalah pasukan pegawai Setwan dan rombongan pembawa dongdang, dan pasukan pembawa umbul-umbul di kanan-kiri. Di bagian akhir, kata Ueng, tetap akan menampilkan Singa Depok.

Kabag Umum Dany Kurniadi, SH, selaku penanggung jawab kegiatan ini menyarankan, agar koordinator juga menyediakan mobil khusus untuk mengangkut awug dan mengamankan dongdang.

”Dikhawatirkan, jika tak ada kendaraan khusus, selepas acara awug bisa dibuang ke mana-mana, apalagi dongdang yang berbentuk miniatur gedung DPRD, harus diamankan,” ujarnya.

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

GM PLN Jabar Lakukan Inspeksi, Pastikan SPKLU Siap Layani Pemudik

9 April 2024 - 23:50 WIB

PLN Purwakarta Bersama Jasa Marga Cek SPKLU di Rest Area Tol Cipularang

9 April 2024 - 16:19 WIB

PLN UP3 Purwakarta Gelar Apel Siaga Kelistrikan Untuk Memastikan Kehandalam Listrik Selama Lebaran

7 April 2024 - 20:34 WIB

Jasa Tirta II Pastikan Tampungan Bendungan Ir. H. Djuanda Dalam Batas Aman Jelang Lebaran

7 April 2024 - 20:10 WIB

Trending di Purwakarta