Ekonomi

Diskoperindag Purwakarta Uji Tera Sejumlah SPBU di Jalur Mudik

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta melakukan inspeksi mendadak pengujian tera (tanda uji pada alat ukur) pompa SPBU di jalur mudik, Kamis (23/5/2019).

Diskoperindag melakukan uji tera bersama tim Pengawas Metrologi Direktorat Metrologi Kementrian Perdagangan RI.

Hasil uji tera di sejumlah SPBU jalur mudik Purwakarta menunjukan bahwa ditemukan sejumlah kesalahan tanda uji pada alat ukur pompa, namun masih dalam batas toleran.

“Dari SPBU yang kami awasi, hasil pengujiannya masih dalam batas kesalahan yang diizinkan,” papar Kepala Bidang Perdagangan, Wita Gusrianita.

Ambang batas kewajaran untuk tera pompa SPBU sendiri yakni 0.1%. Kondisi tersebut terjadi disebabkan karena adanya perubahan waktu dan kualitas pompa, bukan karena disengaja.

Dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal sendiri menurut Wita dijelaskan tentang ambang batas kewajaran kesalahan pada tera.

Sehingga bila ada temuan SPBU yang memiliki kesalahan tera pompa dengan kesalahan 0.1% maka masih dinilai wajar, namun tetap dilakukan uji tera ulang.

“Jadi masih masuk dalam kesalahan yang diizinkan berdasarkan UU No 2 tahun 1981,” tuturnya.

Uji tera secara mendadak yang dilakukan Diskoperindag Purwakarta bersama Kemendag kali tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mencegah kecurangan. Pasalnya selama musim mudik Lebaran 1440 H/2019 M, pemerintah berkewajiban untuk menjamin kesesuaian timbangan agar konsumen tidak dirugikan.

Perlindungan konsumen dilakukan dengan memastikan ukuran tera tidak salah yang nantinya berimbas pada kuantitas barang yang dibeli konsumen.

Melalui uji tera tersebut diharapkan para pemilik SPBU melakukan peningkatan kualitas tera dan meningkatkan pelayanan kepada konsumen selama musim mudik Lebaran 1440 H di Purwakarta.

Loading...
www.domainesia.com
Click to comment

Berita Populer

To Top