Menu

Mode Gelap

Regional · 23 Apr 2024 12:35 WIB ·

Mampir ke PLN Pamanukan, Pemudik Asal Jakarta Ini Ceritakan Perjalanan 400 Km Naik Motor Listrik


 Mampir ke PLN Pamanukan, Pemudik Asal Jakarta Ini Ceritakan Perjalanan 400 Km Naik Motor Listrik Perbesar

Purwakarta Post – Lebaran Idul Fitri 1445 H dirayakan dengan suka cita, masyarakat merayakan dengan keluarga untuk saling memaafkan dan tak jarang ada yang mudik untuk mengunjungi orang tua dan sanak familinya.

PLN hadir memberikan fasilitas SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) bagi pemudik diberbagai daerah yang menggunakan kendaraan listrik.

Seperti pengalaman bapak Hartono pemudik dari Jakarta berlebaran dikampung halamannya di Jawa Tengah mengendarai motor listrik.

Hartono Pemudik asal Jakarta pulang kampung berlebaran mengunjungi orang tuanya di Purwokerto Jawa Tengah.

Dia bersama Istri dan seorang putrinya mudik dari Cipayung Jakarta Timur menuju Purwokerto Jawa Tengah dengan jarak tempuh kurang lebih 400 KM mengendarai motor listrik merk Charged Anoa.

Saat Beristirahat dan mengecash motor listriknya di PLN Pamanukan UP3 Purwakarta bapak Hartono meceritakan sepanjang perjalanan mudik Jakarta – Purwokerto Jawa Tengah dia membutuhkan 3 kali pengecasan.

Saat berangkat dari Jakarta kondisi baterai motor telah terisi penuh. Ketika sampai Cikampek Hartono melakukan pengecasan yang pertama kemudian mengecas kembali di Indramayu dan Cirebon.

Ketika dia melakukan perjalanan kembali ke Jakarta, dia juga telah mengecharge motor listriknya di Bumiayu, Cirebon dan Pamanukan. Semua lokasi pengecasan yang dia pilih berada di kantor PLN.

“Saya mudik dari Jakarta ke Purwokerto menggunakan motor listrik mas, berangkat dari Jakarta saya mengecharge motor listrik saya sebanyak 3 kali dicikampek, indramayu dan Cirebon. Kembalinya ke Jakarta saya mengecharge motor listrik saya di bumi Ayu, Cirebon dan sekarang ini di pamanukan. Semua pengisian saya lakukan di Kantor PLN”, kata Hartono

Hartono mejelaskan juga kepuasan dalam mengendarai motor listrik selama mudik yaitu ndak panas, ndak berisik, bawa keluarga ndak capek. Hartono juga menyampaikan biaya pengisian motor Listrik jauh banget lebih murah ketimbang motor bebahan bakar bensin.

Hartono menjelaskan kalau pakai motor berbahan bakar besin sekali isi bisa Rp 35.000, kalau mudik 3 kali charge ya 105.000,- namun kalau mengecharge baterai motor listrik sekali charge Rp. 6.000, kalau mudik dichare 3 kali hanya Rp.18.000,- dan masih sisa listrik sekitar 60 persen setelah pengisian terakhir.

“ Kepuasan saya mengendarai motor listrik kalau dikendarai ndak panas, ndak berisik dan bawa keluarga tidak capek. Saya juga merasakan penggunaan motor listrik lebih murah dibanding menggukan motor berbahan bakar bensin. Kalau dulu mudik menggunakan motor bensin sekali isi 35.000, diisi 3 kali total pengisian bensin habis Rp.105.000,- tapi ketika saya pakai motor listrik sekali charge baterai hanya 6.000, dan kalau mudik dichare 3 kali hanya Rp. 18.000, itupun masih sisa 60 persen setibanya dirumah setelah pengisian terakhir”,Ujar Hartono.

“Saya juga berterima kasih banyak kepada PLN karena telah menyediakan lokasi untuk charging motor listriknya. Sembari menunggu baterai terisi penuh saya dan keluarga dapat beristirahat sambil menikmati bekal makanan yang dibawa dan juga mencicipi cemilan yang disediakan PLN”, Imbuh Hartono

Di tempat lain Manajer PLN UP3 Purwakarta Bapak Grahaita Gumelar menyampaikan penggunaan kendaraan listrik banyak manfaatnya bagi Masyarakat, disamping lebih hemat dibanding dengan kendaraan bermotor, kendaraan listrik juga menjaga alam bumi kita tetap Lestari dan terhindar dari pemanasan global.

Gumelar juga mencontohkan pak Hartono yang menjadi contoh nyata betapa nyamannya berkendara menggukana kendaraan listrik dan ekonomis muraah jauh sekali dibandingkan berkendara menggunakan kendaraan bermotor. Kedepannya semoga semakin banyak lagi Masyarakat menggunakan kendaraan listrik agar bumi tetap Lestari dan Masyarakat tidak perlu membayar mahal untuk berkendara.

“Penggunaa motor listrik banyak manfaatnya bagi masyarakat, disamping lebih hemat juga menjaga alam kita dari pemanasan global. Bapak Hartono adalah contoh nyata bahwa berkendara menggukan motor listrik tidak berisik,nyaman dan hal yang menarik lagi jauh lebih murah dibandingkan berkendara menggunakan kendaraan bermotor. Harapan saya ke depan masyarakat lebih banyak lagi yang menggukan motor listrik agar bumi tetap Lestari dan Masyarakat tidak perlu membayar mahal untuk berkendara”, Ungkap Gumelar.

Sementara itu Susiana Mutia General Manager Menyampaikan Apresiasi Bapak Hartono yang sudah membuktikan efisiensi penggunaan kendaraan listrik. Ia juga menyampaikan harapan nya semakin banyak pengguna kendaraan listrik di Jawa Barat.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Dukung Pembangunan Kawasan Industri JISC Purwakarta, PLN Purwakarta Realisasikan Pasang Baru 53.000 VA

25 April 2024 - 13:24 WIB

PLN Mobile Proliga 2024 Siap Digelar, Kolaborasi Dukungan Untuk Pengembangan Voli di Tanah Air

23 April 2024 - 20:04 WIB

Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik

8 April 2024 - 20:48 WIB

Terlibat Tawuran, Puluhan Anggota Geng Motor di Subang Diamankan Polisi

8 April 2024 - 02:36 WIB

Dianggap Menganggu Lalin, Polsek Pusakanagara Polres Subang Terpaksa Bubarkan Aktivitas Penyapu Koin di Jalur Pantura

8 April 2024 - 02:26 WIB

BPJS Kesehatan Buka Layanan Posko Mudik Lebaran 2024, Ini Fasilitas Yang Disediakan

5 April 2024 - 16:19 WIB

Trending di Regional