News

2 Kawasan Pendidikan di Jawa Barat ini Berhasil Menjadi Wilayah Investasi Prima untuk Sektor Properti

2 Kawasan Pendidikan di Jawa Barat ini Berhasil Menjadi Wilayah Investasi Prima untuk Sektor Properti

Purwakarta Post – Jawa Barat diketahui merupakan wilayah yang tidak pernah henti menyuplai properti untuk masyarakat dalam berbagai tujuan. Tidak hanya dicari untuk tempat bermukim masyarakat, beberapa proyek properti di Jawa Barat diketahui sangat prima untuk dijadikan lahan investasi. Baik dijual kembali kelak, ataupun disewakan.

Bicara tentang investasi properti, lokasi tentu menjadi salah satu faktor utama yang diperhatikan. Mengapa perlu diperhatikan? Hal ini dikarenakan lokasi tersebut-lah yang menenentukan cepat atau tidaknya jangkauan para konsumen yang dituju.

Melihat lokasi mana yang paling prima, rata-rata dari investor pasti melirik properti-properti di pusat kota dikarenakan wilayahnya yang terbangun dan didukung beragam fasilitas. Di Jawa Barat, Bandung adalah salah satu wilayah yang menjadi primadona untuk berinvestasi.

Namun, seiring pertumbuhan harga properti yang selalu naik tiap tahunnya, harga properti di perkotaan menjadi semakin tinggi dan sulit terjangkau. Bisa dikatakan, hanya investor yang memiliki dana besar yang bisa melancarkan investasinya disana.

Dibanding stuck pada pencarian properti di perkotaan untuk investasi, sebenarnya masih ada wilayah diluar perkotaan yang dinilai potensial untuk berinvestasi properti di Jawa Barat. Kawasan pendidikan misalnya yang sangat banyak menawarkan jalur investasi properti dalam sektor sewa hunian.

Dilansir dari Lamudi.co.id, keberhasilan kawasan pendidikan sebagai lahan investasi properti di Jawa Barat dapat dilihat di penyewaan hunian pada kawasan perguruan tinggi di Depok dan Jatinangor. Keberhasilan ini disinyalir selain menawarkan harga rumah yang lebih murah dibanding jual rumah bandung sebagai ibukota sebagai media investasi, dua kawasan tersebut juga ditunjang dengan beragamnya fasilitas yang terbangun. 

Depok

Berbicara tentang Depok sebagai kawasan pendidikan tinggi di Jawa Barat, tentu nama Universitas Indonesia adalah yang mempopulerkannya. Sebenarnya, tidak hanya Universitas Indonesia saja, beberapa perguruan tinggi swasta seperti Universitas Gunadharma, Universitas Pancasila, Politeknik Negeri Jakarta, dan IISIP pun berperan menjadikan Depok sebagai kawasan pendidikan di Jawa Barat yang mengundang masyarakat untuk hadir ke sana.

Tidak pernah matinya jumlah masyarakat yang datang ke wilayah Depok, membuat sektor penyediaan properti pun tidak pernah usai. Bisa dikatakan, setiap tahunnya Depok selalu menyediakan proyek-proyek properti untuk dapat mengakomodasi kebutuhan tempat tinggal masyarakat terlebih khusus golongan pelajar. Hanya saja mereka sudah pasti akan lebih melirik pada sektor sewa properti tahunan atau bulanan.

Fenomena permintaan sewa tempat tinggal di kawasan Depok memperlihatkan bahwa investasi properti untuk mengakomodasi kebutuhan tempat tinggal para pelajar dapat dikatakan prima. Bagi Anda yang berkeinginan menggeluti bisnis tersebut, mungkin dapat melirik sejumlah properti yang tersedia.

Jatinangor

Berlokasi tepatnya di kabupaten Sumedang, Jatinangor menyediakan beragam pilihan perguruan tinggi negeri berkelas nasional dan internasional seperti Institut Perguruan Tinggi Dalam Negeri (IPDN), Universitas Padjadjaran, dan Insitut Teknologi Bandung (ITB).

Seiring bertambahnya pendatang dan permintaan properti pada kawasan pendidikan di timur Bandung ini, Jatinangor pun menyulap wilayahnya menjadi kawasan sunrise properti. Bagaimana tidak, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, sejumlah pengembangan properti baik secara independen maupun oleh developer-developer dilaksanakan di kawasan tersebut.

Potensi investasi properti pun dapat dikatakan tinggi khususnya dalam sektor sewa hunian, baik sewa hunian tapak atau vertikal yang ditujukan untuk kalangan pelajar. Tidak hanya itu, kecenderungan bertambahnya proyek hunian tapak baru, membuat Jatinangor menjadi lokasi alternatif untuk proyek jual rumah Bandung di kawasan penyanggah. 

Beberapa pekerja di kota Bandung ataupun disekitaran Jatinangor dapat memiliki hunian jauh lebih murah dibanding harga jual rumah Bandung khususnya di kawasan pusat kota. Jika harga jual rumah Bandung kota dibanderol dengan harga termurah 300-400 juta, di wilayah ini bisa menemukan harga rumah murah dibawah harga tersebut.

Loading...
www.domainesia.com
Click to comment

Berita Populer

To Top