Desa Sajuta Batu Purwakarta Spot Menakjubkan Bebatuan Andesit

  • Bagikan
Salah satu spot bebatuan di objek wisata desa sajuta batu Purwakarta (Instagram/@citraristaa)

Purwakarta Post – Purwakarta merupakan salah satu daerah yang terkenal akan panorama alam indahnya. Bahkan ada beberapa destinasi wisata yang tidak kalah asrinya, seperti desa sajuta batu ini. Sesuai dengan namanya, desa satu ini memang memiliki banyak sekali bebatuan alam serta gunung Andesit.

Mengenal Desa Sajuta Batu di Purwakarta

Purwakarta telah terkenal menjadi salah satunya daerah yang memiliki bentuk topografi terindah. Mulai dari dataran tingginya, daratan hingga danau pun semuanya mempunyai ciri khasnya sendiri. Seperti pada destinasi Desa Sajuta Batu ini, kawasan ini dikenal cukup unik dan menarik oleh pengunjung.

Dikarenakan, tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang indah saja. Melainkan ada juga aktivitas yang menantang adrenalin setiap pengunjung. Semua pengunjung bisa mencobanya, selain menikmati suasana khas pegunungan. Mengajak keluarga besar ke Desa Sajuta Batu tidaklah buruk.

Selain menyuguhkan panoramanya yang hijau dan asri, destinasi Desa Sajuta Batu semakin tambah indah dengan adanya bebatuan cukup tinggi menjulang seperti pasak bumi. Menurut informasi, dulu destinasi desa ini menjadi spot lokasi dari panjat tebing favorit anak Mapala dari seluruh Indonesia.

Informasi Lengkap Mengenai Destinasi Desa Sajuta Batu Purwakarta

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, bahwa destinasi Desa Sajuta Batu ini memiliki panorama yang hijau dan asri. Pemandangan gunungnya sangat menakjubkan, biasanya para pengunjung akan mengabadikan banyak foto di sana. Namun, sebelum mengunjunginya ketahui informasi berikut ini.

  1. Lokasi Lengkap

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi destinasi Desa Sajuta Batu, ketahui lokasi lengkapnya terlebih dahulu supaya tidak salah jalan. Objek wisata dengan panorama indah ini terpatnya berlokasikan di Pasanggrahan, Tegal Waru di kabupaten Purwakarta Jawa Barat.

Namun, jika masih bingung atau bimbang dalam memilih jalan. Ada baiknya gunakan aplikasi google maps saja supaya lebih gampang. Carilah dengan menggunakan keyword Desa Sajuta Batu di Tegalwaru Purwakarta. Pada aplikasi penunjuk jalan tersebut, lokasi sudah tertandai jadi lebih mudah.

  1. Rute Lengkap Menuju Lokasi

Dalam rangka menunju lokasi Desa Sajuta Batu, ada beberapa rute yang harus Anda lalui.. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraannya sendiri, disarankan melewati jalur tol Purbaleunyi lalu keluar dari pintu tol Jatiluhur. Bila dari arah kota lain, perjalanan awal ditujukan ke Plered.

Lalu setelah keluar dari pintu tol Jatiluhur, lanjutkan perjalanan dengan jalan lurus hingga bertemu pertigaan lampu merah. Setelah itu belok ke kanan, tepatnya ke arah Plered. Nah, dari sana kemudian lanjut  sampai ke pertigaan Ciakar kecamatan Tegalwaru, belok kanan dan ikuti petunjuk.

  1. Jam Buka Wisata

Biasanya para pengunjung yang hendak mengunjungi suatu destinasi, pasti akan mencari tahu informasi mengenai jam buka dari objek wisata tersebut terlebih dahulu. Tujuannya, supaya saat sampai dilokasi, tempatnya buka dan bisa dikunjungi. Dengan begitu, dapat berlibur di sana.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika akan terlambat dari jam buka. Dikarenakan destinasi Desa Sajuta Batu ini dibuka selama 24 jam penuh, siapa pun dapat berkunjung untuk berlibur di jam berapa pun karena tidak ada batasannya. Dengan begitu, liburan menjadi lebih leluasa dan menyenangkan.

  1. Harga Tiket Masuk

Berbicara mengenai tiket masuk, untuk dapat mengunjungi destinasi Desa Sajuta Batu ini. Anda tidak perlu membayar apa pun alias gratis / tidak dikenakan biaya tiket masuk. Jadi, para pengunjung bisa menikmati keindahan alam sepuasnya. Bahkan ada beberapa kegiatan yang menantang adrenalin.

Kegiatan yang menantang adrenalin tersebut antara lain, flying fox dan juga panjat tebing. Bahkan para pengunjung yang menyukai aktivitas alam, bisa juga melakukan kemah bersama di sana. Nah, untuk memanfaatkan beberapa sarana yang ada, pengunjung harus membayar biaya tertentu.

  1. Fasilitas yang Ada di Sana

Termasuk ke dalam salah satu destinasi paling menarik di Purwakarta, Desa Sajuta Batu ini memiliki fasilitas pendukung yang memadai. Hal tersebut tentu saja bertujuan agar para pengunjung dapat menikmati objek wisata lebih nyaman lagi. Meskipun gratis, tapi pelayanan baik.

Adapun beberapa fasilitas yang tersedia di destinasi Desa Sajuta Batu tersebut, yaitu area parkir kendaraan yang luas / cukup untuk beberapa motor dan mobil. Ada mushola yang bisa pengunjung gunakan untuk beribadah, kamar mandi / toilet, warung makan dan penginapan pun juga ada.

  1. Daya Tarik Destinasi Wisata

Destinasi Desa Sajuta Batu Purwakarta Jawa Barat ini, termasuk ke dalam kategori tempat wisata yang patut untuk Anda kunjungi. Mengingat pesona alamnya yang sangat indah dan asri, bahkan penduduk lokal yang ada di sana juga sangat ramah tamah. Baik kepada wisatawan lokal / asing.

Inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari destinasi Desa Sajuta Batu Purwakarta. Selain itu, daya tarik lainnya terletak pada banyaknya potensi di dalam objek wisata tersebut. Seperti adanya fasilitas adventure, antara lain rock climbing serta via ferrata tepatnya di Gunung Oarang dan Gunung Bongkok.

  1. Saran dan Tips Sebelum Mengunjungi Wisata

Sebelum mengunjungi destinasi Desa Sajuta Batu ini, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa keperluan yang nantinya akan dibutuhkan ketika sampai di lokasi. Mungkin jika ingin melakukan kemah bersama teman-teman, siapkan tenda untuk dibawa.

Tidak lupa juga membawa kamera, mengingat panorama alam di destinasi Desa Sajuta Batu sangat indah. Tidak lengkap jika tidak mengabadikan foto di sana. Jangan sampai lupa juga membawa perlengkapan kesehatan, sebagai bentuk antisipasi terhadap hal-hal tidak Anda inginkan.

Panorama Indah di Destinasi Desa Sajuta Batu Purwakarta

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa destinasi Desa Sajuta Batu ini memiliki daya tarik. Sampai membuat beberapa pengunjung takjub dengan keasrian dan keindahan alamnya di sana. Lalu apa saja panorama indah yang terdapat pada objek wisata ini? Berikut ulasannya:

Gunung Parang
  1. Objek Wisata Gunung Parang

Salah satu objek wisata yang ada di Desa Sajuta Batu, yaitu Gunung Parang. Biasanya banyak pengunjung yang mendatangi tempat ini. Gunung ini cukup terkenal sebagai spot ekstremnya di Desa Sajuta Batu. Bahkan terkenal sebagai sebutan rock climbing paling tinggi di Indonesia.

Sebagai salah satu tempat untuk panjat tebing, Gunung Parang ini seringkali ramai oleh pengunjung yang menyukai tantangan yang memacu adrenalin. Dalam rangka keperluan untuk mendaki, pihak pengelolanya sudah memasang via ferrata atau jalur besi.

  1. Objek Wisata Gunung Bongkok

Bagi sebagian besar anak Mapala, pasti sudah tidak asing lagi dengan objek wisata Gunung Bongkok ini. Memang tempatnya sendiri, teruntuk bagi mereka yang menyukai kegiatan mendaki gunung. Sebagai salah satu gunung yang memiliki ketinggan 900 meteran saja.

Pendakian di Gunung Bongkok ini, lebih menjurus ke hiking daripada kegiatan mendaki. Dari situlah, kegiatan apa pun yang akan pendaki lakukan di gunung tersebut, semuanya cocok untuk berbagai kalangan. Jadi, yang tidak bisa mendaki, bisa melakukan hiking saja. Waktu pendakiannya hanya 1 jam.

Itulah beberapa penjelasan secara detail mengenai Desa Sajuta Batu. Beserta dengan pembahasannya tentang lokasi lengkap, rute menuju ke lokasi sampai dengan daya tarik yang seringkali mampun menarik perhatian pengunjung terkait wisata di Purwakarta ini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *