Curug Cipurut: Destinasi Alam Buat Kamu yang Ingin Damai

  • Bagikan
Curug Cipurut Purwakarta

Purwakarta Post – Salah satu destinasi yang patut dikunjungi saat berkunjung ke Purwakarta, yaitu objek wisata Curug Cipurut. Tempat wisata tersebut memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dengan destinasi lain. Itulah mengapa, destinasinya selalu menjadi rekomendasi terbaik saat masa liburan telah tiba.

Mengenal Destinasi Alam Curug Cipurut

Sesuai dengan namanya, destinasi Curug Cipurut ini merupakan objek wisata berupa air terjun. Destinasi satu ini seringkali menjadi tujuan utama para pengunjung yang ingin refreshing di tempat alam nan sejuk. Curug ini kabarnya masih belum banyak diketahui orang, jadi panoramanya asri.

Curug Cipurut ini masih alami karena tidak banyak diketahui orang. Lokasi lengkapnya, berada di kawasan cagar alam Burangrang desa Sumurugul, kecamatan Wanayasa kabupaten Purwakarta. Pada umumnya, curug ini terbagi menjadi 3 bagian yang memiliki ketinggian dan manfaatnya sendiri.

Untuk curug pertama memiliki ketinggian sekitar 25 meter, lokasinya ada di paling ujung. Sedangkan dua curug lain, seringkali dijadikan tempat untuk berseluncur. Dikarenakan tempatnya yang tidak terlalu tinggi dan jauh lebih landai dari curug utama. Sesampai di lokasi, paling nikmat adalah langsung berendam ke dalam airnya.

Informasi Lengkap Mengenai Destinasi Curug Cipurut Purwakarta

Memiliki rencana untuk berlibur ke Purwakarta? Cobalah untuk mengunjungi destinasi alam yang cukup asri di Curug Cipurut ini. Namun, sebelum itu Anda harus mengetahui informasi mengenai objek wisatanya terlebih dahulu. Mulai dari lokasinya, harga tiket masuk dan lain-lain. Beriku ulasannya.

  1. Harga Tiket Masuk

Sebelum memasuki kawasan destinasi, tidak pernah lepas dari yang namanya tiket masuk. Sama halnya dengan objek wisata Curug Cipurut ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena harganya cukup terjangkau. Dengan harga murah, para pengunjung bisa menikmati air terjun sepuasnya.

Harga dari tiket masuk ke destinasi Curug Cipurut ini, hanya sekitar Rp 10.000 saja. Dengan harga murah tersebut, Anda bisa menikmati berendam dan bermain air sepuasnya tidak dikenakan biaya lagi. Beda lagi jika pengunjung ingin berkemah, atau bahkan wisatawan ada biaya tambahan.

  1. Jam Buka Wisata

Sedangkan untuk jam bukanya sendiri, destinasi Curug Cipurut ini dibuka setiap hari. Jadi, tidak ada batasan hari. Baik itu hari libur atau tanggalan merah, objek wisata air terjun ini tetap buka untuk para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam yang asri nan sejuk. Dengan begitu, bisa puas.

Anda pun bisa memuaskan diri berlibur dan menikmati keindahan alam di sana. Batas waktu dibukanya destinasi Curug Cipurut ini adalah mulai dari pagi hari jam 8 sampai dengan 5 sore. Jadi, selama itu para pengunjung dapat bersenang-senang, seperti main air atau hanya berendam diri.

  1. Keindahan Alam di Sana

Destinasi Curug Cipurut di Purwakarta ini adalah air terjun yang lokasinya berada di kabupaten Purwakarta sendiri. Tepatnya berada di kampung Cileungsing, di desa Sumurugul kecamatan Wanayasa. Keunggulan dari air terjun ini yaitu sudah termasuk ke dalam kawasan cagar alam gunung Burangrang.

Dengan lokasi yang cukup tersembunyi, destinasi Curug Cipurut ini menyimpan keindahan alam yang sungguh indah. Meskipun membutuhkan tingkat kesulitan yang lebih saat ke sana, namun dengan indahnya alam tersebut. Rasa pegal seakan tergantikan begitu saja, bahkan ada area perkemahan.

Spot air terjun Curug Cipurut
  1. Trekking Kebun Teh Menuju ke Curug Cipurut

Perlu Anda ketahui, bahwa melakukan perjalanan ke Curug Cipurut itu harus melewati jalur trekking dulu dari area parkir. Para pengunjung harus menyusuri jalan setapak yang cukup sempit, agar bisa sampai ke lokasi destinasi. Jalannya sendiri berupa tanah merah dan akan licin saat hujan.

Para pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 KM. Jalur tersebut akan membawa mereka melintasi hutan dari gunung Burangrang dan juga wilayah kebun teh yang cukup luas. Jalur trekkingnya sendiri masih tanah dan konturnya curam, jadi berhati-hatilah agar tidak tergelincir.

  1. Curug Cipurut Berada Di Tengah Hutan

Semakin Anda mendekati destinasi dari Curug Cipurut, maka suara aliran airnya semakin terdengar. Objek wisata alam satu ini berada tepat di ujung jalan setapak, jika hendak sampai maka akan terlihat bebatuan yang ada di pinggiran jalan. Air terjunnya sendiri ada di ketinggian 25 meter.

Dengan ketinggian tersebut, air terjun semakin terlihat lebih indah. Air jatuh dari ketinggian, membuat kesannya menjadi terasa lebih sejuk. Apalagi jika Anda berendam di air jernihnya, di bagian bawah curug ada telaga kecil penuh dengan batu. Uniknya, airnya mengalir tergantung musim.

  1. Dinding Bebatuan yang Bernuansa Alam

Keindahan dari destinasi Curug Cipurut tidak hanya itu saja. Beberapa di antaranya yakni bebatuan alamnya yang bertumpuk serta berlapis. Dengan begitu, akan menciptakan aliran airnya yang nampak geometris, bentuk tersebut membuat curug layaknya air terjun yang sangat indah.

Tidak hanya itu saja, keindahan lain dari Curug Cipurut ini karena aliran airnya termasuk jernih dan telaganya cukup dangkal. Lokasi dari jatuhnya air terjun terdapat banyaknya batu sungai dengan berbagai macam ukuran. Jadi, anak-anak / orang dewasa bisa bersantai main air di sana.

  1. Memiliki Area Kemah yang Cukup Tenang

Sebagai salah satu destinasi yang cukup indah dan sejuk, tidak menutup kemungkinan bahwa objek wisatanya selalu pengunjung jadikan sebagai tempat untuk berkemah. Namun, mengingat air terjun ini termasuk cagar alam yang harus selalu terjaga kealamiannya. Jadi, pengunjung harus ikut jaga kebersihan sekitar.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan berkemah, bisa memilih melakukan kemah di Curug Cipurut ini. Tenang saja, karena di sana sudah ada lahan khusus untuk para pengunjung berkemah. Bahkan suasananya cukup tenang dan nyaman, karena di sekitar ada pohon pinus dan lokasinya tidak jauh.

  1. Fasilitas di Curug Cipurut

Berbicara mengenai fasilitas, di Curug Cipurut ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Mulai dari area parkir dan penitipan kendaraannya lahannya sudah warga siapkan. Lalu ada musholla, toilet dan bahkan ada beberapa warung yang mudah untuk Anda temukan di curug.

Namun, di samping adanya kelebihan dari fasilitas tersebut, lokasi menuju Curug Cipurut ini masih memerlukan perbaikan. Itu karena akses jalannya masih belum baik, jalan setapak masih berupa tanah merah yang akan licin saat hujan. Akan tetapi, sesampainya di lokasi panorama alam mengobati kekurangan tersebut.

  1. Lokasi Lengkap Dari Curug Cipurut

Bagi Anda yang ingin mengunjungi destinasi Curug Cipurut, ketahui lokasi lengkapnya terlebih dahulu. Objek wisata alam nan sejuk satu ini, terletak tepatnya pada desa Sumurugul, kecamatan Wanayasa kabupaten Purwakarta daerah Jawa Barat.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya melewati rute dari pusat kotanya saja lalu ke kecamatan Wanayasa. Kemudian, lanjut perjalanan lagi menuju ke kecamatan Bojong. Setelah bertemu dengan pertigaan, Anda belok ke kiri untuk menuju ke desa yang namanya Sumurugul.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dari informasi mengenai Curug Cipurut. Beserta dengan rute, lokasi, bahkan harga tiket masuknya juga ada. Dengan begitu, Anda tidak perlu bigung lagi dan siap untuk mengunjungi objek wisata tersebut karena suda menyiapkan segala persiapan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *