Purwakarta

Data Tidak Valid, Jumlah Penerima Bansos Covid-19 Berkurang dari 24.953 Menjadi 19.413

Purwakarta Post – Lantaran datanya tidak valid, Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta akhirnya memastikan jumlah warga penerima bansos dari Pemprov Jabar dan Pemda Purwakarta menyusut menjadi 19.413 dari sebelumnya 24.953.

Dinsos melakukan validasi ulang data warga penerima manfaat melalui data yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta. Hasilnya ada pengurangan sekitar 5.540 warga penerima.

“Dari jumlah 24.953 itu ternyata ada yang ganda, sudah meninggal, pindah ke luar kota, NIK kosong dan tidak ditemukan,” tutur Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Disnsos, Rahayu Setiawan, Selasa (14/4/2020).

Dinsos Purwakarta terus berupaya agar data yang muncul tidak ditemukan data ganda hingga kesalahan penerima. Pasalnya warga penerima manfaat dari bansos ini adalah mereka yang merupakan diluar data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yaitu penerima BPNT dan PKH.

“Jadi, kami upayakan ini untuk sementara tidak double penerimanya alias di luar dari DTKS seperti penerima BPNT atau PKH,” tutur Rahayu.

Untuk besaran bantuan Provinsi Jawa Barat sebesar Rp500.000 terdiri dari Rp350.000 sembako dan Rp150.000 uang tunai. Sementara pemerintah daerah Rp300.000 uang tunai bagi yang tidak tercover bantuan provinsi.

Terkait waktu pelaksanaan realisasi bantuan pihaknya belum dapat memastikan apakah dilakukan bulan ini. Pasalnya masih harus menunggu keputusan dari Pemprov Jabar,

“Bisa saja bulan ini, tapi bisa juga mundur jadi ke Mei. Intinya menunggu pemerintah provinsi,” pungkasnya.

Loading...
www.domainesia.com
Click to comment

Berita Populer

To Top