Purwakarta

Purwakarta Kekurangan Penyuluh Pertanian

Purwakarta Post – Kabupaten Purwakarta dipastikan mengalami kekurangan tenaga penyuluh pertanian. Hingga November jumlah tenaga penyuluh pertanian Kabupaten Purwakarta hanya berjumlah 85 orang.

Kepala Bidang Sumber Daya Pertanian Dispangtan Purwakarta, Hadiyanto Purnama mengatakan, jumlah tenaga pertanian saat ini baik ASN maupun tenaga harian lepas (THL) sebanyak 85 orang.

“Idealnya satu desa atau kelurahan satu tenaga penyuluh pertanian. Dapat dilihat dari angka kekurangannya sangat banyak,” ujar Hadi, Rabu (11/11/2020).

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Purwakarta belum dapat melakukan pengangkatan tenaga penyuluh pertanian. Pasalnya hingga kini belum ada payung hukumnya.

Tenaga penyuluh pertanian sendiri baru dapat diangkat oleh Pemerintah Provinsi dan Kementerian Pertanian.

Rekrutmen tenaga penyuluh pertanian di Kabupaten Purwakarta terakhir kali dibuka pada tahun 2017 atau tiga tahun lalu.

“Kita maksimalkan saja yang ada,” kata Hadi.

Rincian 85 tenaga penyuluh pertanian yang ada terdiri dari 24 orang THL yang diangkat Pemprov Jabar, 28 orang THL yang diangkat oleh Kementerian Pertanian dan 33 orang ASN yang menjadi penyuluh pertanian.

Sementara itu sebanyak 5 orang tenaga penyuluh dari ASN tahun ini dipastikan akan pensiun dan 1 orang lainnya pada tahun depan.

Loading...
www.domainesia.com
Click to comment

Berita Populer

To Top