Pendidikan

Disdik Purwakarta Gelar TOT Program Tatanen di Bale Atikan

Purwakarta Post – Dalam upaya menggalakan gerakan Tatanen di Bale Atikan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta menggelar Training Of Trainer (TOT) di dua lokasi, yaitu di Aula KKG SDN 1 Nagrikidul dan Aula SDN Cipaisan, Jum’at, (06/11).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwkarta, kegiatan TOT ditujukan untuk seluruh jajaran pengawas jenjang Sekolah Dasar (SD) di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. 

Kadisdik berharap, pasca TOT para pengawas memiliki pemahaman yang utuh mulai dari kerangka konsep, implementasi kemudian sampai tahap monitoring dan evaluasi tentang program Tatanen di Bale Atikan sebagai bahan diseminasi dan pembinaan kepada sekolah binaan masing-masing.

Lebih lanjut, Kadisdik Purwanto mengatakan,  program tatanen di bale atikan merupakan bagian dari bunga rampai implementasi Pendidikan Karakter di Kabupaten Purwakarta berdasarkan Perbup nomor 69 tahun 2015. 

“Tatanen di Bale Atikan adalah kegiatan untuk mengenal ekosistem lingkungan secara nyata dan merawat serta memelihara tanaman yang dibudidayakan untuk menumbuhkan kesadaran hidup ekologis bagi seluruh warga sekolah, secara arif dan cerdas sekaligus menjadikan semesta sebagai laboratorium belajar peserta didik untuk tumbuh kembang sesuai kodrat dirinya, kodrat alamnya, dan kodrat jamannya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, narasumber TOT, Muhammad Irvan Efrizal (Konsultan Sekolah Ekologi) mengungkapkan, program Tatanen di Bale Atikan bisa menjadi sarana pendidikan siswa dalam upaya menumbuhkan kesadaran hidup ekologis, kesadaran hidup kita sebagai manusia.

“Program Tananen di Bale Atikan, sesungguhnya adalah bagian dari upaya pembiasaan kesadaran hidup bagi warga sekolah. Kita bisa mengembangkan Ecobrick menjadi sarana bisa dibuatkan meja belajar, kursi atau bedengan tanaman disekolah. Prinsip Tatanen di Bale Atikan ialah ‘Merawat Bumi dan Berguru pada Bumi’, yang memperhatikan prinsip Pendidikan kesundaan dalam pengembangan kognitif peserta didik yakni Pancaniti, pancaniti merupakan tahapan atikan masyarakat sunda yang terdiri dari lima tahap mulai dari Niti Harti, Niti Surti, Niti Bukti, Niti Bakti, dan Niti Sajati,” demikian runutnya.

Loading...
www.domainesia.com
Click to comment

Berita Populer

To Top