Menu

Mode Gelap

Teknologi · 9 Nov 2019 15:06 WIB ·

Aplikasi IA Writer, Aplikasi Andalan untuk Menulis


 Aplikasi IA Writer, Aplikasi Andalan untuk Menulis Perbesar

Purwakarta Post – Ini Dia IA Writer, Aplikasi Andalan Untuk Menulis dengan Tampilan Minimalis. Smartphone yang berbasis Android ataupun IOS, menawarkan berbagai aplikasi yang tak terbatas untuk memudahkan para penggunanya. Bahkan bisa dikatakan bahwa inti dari sebuah smartphone yaitu aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya.

Setiap orang bisa mengunduh aplikasi apapun yang diinginkan, yang sesuai dengan kebutuhan yang ada pada diri masing-masing. Baik untuk membantunya menyelesaikan pekerjaannya ataupun sekadar untuk bersenang-senang semata.

Sebagai seorang penulis, menggunakan teknologi yang tersedia di tangan itu untuk menunjang dan mengembangkan karakter kepenulisan. Untuk itulah alasan mengunduh aplikasi-aplikasi yang memungkinkan untuk hal tersebut. Dari sekian banyak aplikasi yang diunduh, maka ada satu aplikasi yang cukup menunjang yaitu aplikasi IA Writer.

Aplikasi IA Writer merupakan sebuah aplikasi text editor yang tersedia untuk platform Android maupun IOS. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mencatat dan menulis. Dengan tampilan yang cukup sederhana dan klasik, maka IA Writer menawarkan pengalaman menulis yang ringan dan nyaman. Berbeda halnya dengan aplikasi office semacam Microsoft Word ataupun WPS Office. Maka IA Writer ini tidak memberatkan Anda dengan berbagai macam tools yang kadangkala membingungkan. Namun aplikasi inj lebih menitikberatkan pada pengalaman menulis.

Aplikasi IA Writer memang sangat nyaman digunakan di ponsel. Aplikasinya cukup ringan namun penuh dengan tenaga. Dapat digunakan untuk catatan-catatan kecil, maupun untuk tulisan-tulisan yang panjang semacam esai, paper, sampai makalah. Bagi para penulis, maka aplikasi ini sangat tepat untuk menjadi teman keseharian. Dengan kemampuan yang dimilikinya, maka IA Writer merupakan aplikasi yang dapat memudahkan para penulis menuangkan ide dan gagasan mereka ke dalam kata-kata.

Kalau berbicara mengenai sebuah aplikasi pengolah teks di Mac. Maka jangan bayangkan tampilannya seperti Word yang dipenuhi oleh tombol pilihan formatting. Karena justru banyak aplikasi menulis yang ada di Mac yang memiliki tampilan minimalis. Tujuannya, agar Anda lebih fokus dengan tulisan yang sedang Anda garap. Salah satunya yaitu aplikasi IA Writer ini. IA Writer merupakan aplikasi yang cukup istimewa, terutama ketika kerjaan Anda sebagian besar adalah menulis.

IA Writer ini tersedia di iOS, Mac, maupun Android. Terbilang istimewa karena pada tampilan utamanya cukup minim dengan tombol formatting atau fitur aneh seperti yang ada pada Microsoft Word. Intinya, Anda cukup fokus untuk menulis melalui IA Writer. Hal inilah yang membuat aplikasi yang satu ini sangat mudah dan cukup sederhana untuk digunakan.

Anda tidak perlu terganggu dengan pilihan font, besar kecilnya, serta pilihan lain yang bisa mengganggu alur penulisan Anda. Aplikasi IA Writer ini telah dikembangkan oleh Information Architects yang berlokasi di tiga kota berbeda yaitu Zurich, Berlin dan Tokyo.

Jadi ada beberapa fitur yang terdapat pada IA Writer. Berikut ini pembahasannya.

Mode Fokus
Dengan menggunakan aplikasi IA Writer, maka Anda dapat benar-benar fokus dalam menulis. Minimnya fitur di IA Writer ini memberikan keuntungan sendiri, membuat Anda tidak perlu dibuat bingung atau tertarik untuk mencoba fitur yang terdapat di dalam aplikasi iA Writer. Aplikasi IA Writer ini mendorong Anda untuk langsung menulis apa yang ingin ditulis. Hal itu dapat terlihat langsung ketika Anda langsung masuk ke aplikasi IA Writer akan terlihat posisi kursor berada di tengah.

Lebih menariknya lagi untuk fitur Mode Fokus ini ketika kursor bergerak pada kalimat yang sedang Anda sorot, maka kalimat tersebut akan terlihat jelas jika dibanding kalimat lainnya. Ini artinya, kalimat yang sedang tidak disorot akan diredupkan agar Anda benar-benar fokus menulis melalui aplikasi IA Writer ini.

Fitur Live Sync
Dengan adanya fitur Live Sync pada aplikasi IA Writer ini, maka dokumen pada aplikasi tersebut dapat dilakukan sinkronisasi secara lebih terstruktur. Jika Anda perlu melakukan sinkronisasi dokumen dari perangkat yang berbeda misalnya dari iOS ke Android maka dapat terjadi dengan mudah dan cepat.

Fitur Markdown, Preview dan Syntax Highlight
Untuk formatting mulai dari menebalkan huruf, mencetak miring hingga menyisipkan link, maka IA Writer menggunakan syntax markdown. Namun ada juga keyboard shortcut untuk mempercepat formatting. Untuk melihat bagaimana tulisan sebelum diekspor, maka IA Writer menyediakan fitur preview.

Dengan fitur Syntax Highlight pada aplikasi IA Writer, Anda tidak sekadar diarahkan untuk menulis. Namun juga akan diarahkan dalam menulis dengan struktur kalimat yang benar. Sehingga kalimat yang Anda tulis sesuai tata bahasa yang ada. Tentunya syntax highlight ini akan jauh lebih berguna ketika Anda menulis dalam bahasa Inggris.

Document Library dan Custom Template untuk Eksport
Untuk memudahkan Anda menulis dengan aplikasi IA Writer dan melihat tulisan lain yang sudah tersimpan, maka aplikasi IA Writer ini memiliki Document Library. Untuk lebih mempermudah lagi, maka IA Writer juga dilengkapi dengan sebuah kotak pencarian.

Pada versi terbarunya, maka IA Writer ini mempunyai fitur Custom Template untuk dokumen yang ingin Anda ekspor. Tidak Anda perlu khawatir bagaimana cara menyiapkan custom template untuk ekspor dokumen. IA Writer sudah menyiapkan beberapa template yang siap untuk Anda unduh dan pakai.

Tulisan yang sudah Anda buat di iA Writer bisa Anda ekspor ke bermacam format, mulai dari Ms. Word, HTML atuapun PDF. Anda juga bisa secara langsung mengunggah tulisan ke WordPress ataupun Medium.

Mode Malam pada Aplikasi IA Writer

Adanya mode malam ataupun night mode pada aplikasi IA Writer membuat Anda tetap dapat menulis meskipun berada di ruangan yang minim cahaya. Anda yang perlu menulis saat malam, maka mode malam ini dapat Anda hidupkan. Jadi mata Anda tidak cepat lelah ketika menulis di malam hari ataupun ketika di ruangan yang minim cahaya.

Mode Konten Blok (Content Block)
Dengan versi 4, maka ada satu fitur bernama Content Block yang berfungsi untuk menyusun tulisan dari berbagai macam file menjadi satu. Anda bisa menyisipkan gambar, tabel dari file.csv menjadi satu kesatuan tulisan. Jadi semisal Anda sedang menulis sebuah buku, maka Anda bisa menulis setiap babnya dalam file yang berbeda dan kemudian menyatukannya ketika ingin diekspor.

Menulis itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Diperlukan konsentrasi dan fokus yang baik agar semua tulisan enak dibaca. Menggunakan aplikasi pengolah teks minimalis ini bisa jadi alternatif untuk mengembalikan fokus ketika menulis. Dan aplikasi IA Writer unggul dalam hal itu. IA writer rekomendasi terbaik untuk aplikasi menulis di Mac atau perangkat iOS.

Untuk mendapatkan aplikasi IA Writer cukup mudah. Anda bisa mengunduhnya melalui Mac App Store. Atau Anda bisa juga mencarinya melalui playstore. Ikuti tahapan yang tertera disana kemudian klik download atau unduh maka Aplikasi IA writer siap Anda gunakan.

Artikel ini telah dibaca 136 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

ASUS Zenbook DUO, Laptop Dual-Screen OLED Terbaik di Dunia

9 Maret 2024 - 12:15 WIB

Intip Fitur Canggih Laptop Asus Zenbook S13 OLED yang Mampu Memudahkan Pekerjaan Anda

13 Desember 2023 - 09:07 WIB

Review Laptop Ultra Portable Canggih, ASUS ZenBook S13 OLED UX5304

18 September 2023 - 19:37 WIB

9 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Printer

26 Mei 2023 - 10:35 WIB

Kelebihan ASUS Zenbook 14 OLED Dengan Core 12th Gen dan Intel EVO

16 April 2023 - 16:10 WIB

Review Spesifikasi dan Harga Redmi Note 11 Versi Indonesia

20 Januari 2023 - 11:04 WIB

Trending di Teknologi