Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 9 Nov 2019 15:46 WIB ·

Soal Nata Sutisna, Pemda dan Disdik Purwakarta, Ini Penjelasannya


 Soal Nata Sutisna, Pemda dan Disdik Purwakarta, Ini Penjelasannya Perbesar

Purwakarta Post – Nata Sutisna (18) pemuda asal Desa Selaawi Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, ramai jadi perbincangan hangat masyarakat Purwakarta.

Apalagi tersiar kabar bahwa pemuda yang mendapatkan beasiswa dari Perguruan Tinggi Tunisia Institut Superieur De Le Civilisation Islamique de Turnis. Diberitakan ditolak oleh Pemkab Purwakarta, Disdik Purwakarta serta Pemprov Jabar.

Saat dikonfirmasi awak media, Nata menyayangkan dengan adanya pemberitaan tersebut. Bahkan dirinya membantah adanya penolakan dari pihak Pemkab dan Disdik Purwakarta.

“Karena mepet saya langsung ingin bertemu, tidak ada kata menolak, karena memang saya tidak bertemu,” ujar Nata, Jumat (8/11/2019).

Kedatangannya ke Pemkab Purwakarta dan Disdik Purwakarta, diakuinya untuk meminta bantuan dikarenakan waktu keberangkatannya yang mendekati yaitu sekitar tanggal 14 November 2019.

“Kedatangan waktu itu memang inisiatif, baik ke Pemda maupun ke Disdik, baik dengan ibu Bupati dan Pak Kadis memang tidak bertemu,” jelasnya.

Sementara, Kadisdik Purwakarta, Purwanto mengatakan bahwa dinas bukan tidak bisa membantu tetapi terbentur oleh nomenklatur yang ada.

Apalagi kebutuhan Nata sendiri dikatakannya mendesak, selain itu kewenangan Disdik hanya mencakup TK,SD dan SMP.

“Ya untuk bantuan memang tidak bisa,karena tidak terprogram nomenklaturnya gak ada, jadi kan kita juga hati – hati untuk mengeluarkan anggaran, adapun bantuan dari pribadi,” jelas Purwanto.

Bahkan kedatangan Nata, kepada Bidang Pendidikan Pemprov Jabar pun sama, hal itu harus jadi kajian di Pusat, ketika daerah menghadapi kasus seperti Nata.

“Memang tidak teranggarkan, perlu ada program secara jangka panjang, itu kan kewenangannya harus di pusat, saya kira Pusat harus memiliki solusi kasus seperti ini di daerah” katanya.

Untuk mengurangi beban Nata, pihaknya bersama guru dan kepala sekolah se Purwakarta sudah mengumpulkan donasi untuk Nata, dan donasi yang terkumpul sebesar Rp 15 Juta.

“Hari ini saya serahkan donasi untuk Nata, yang merupakan hasil rereongan Pejabat Disdik, Guru dan Kepala Sekolah se-Purwakarta,” demikian Purwanto.

Artikel ini telah dibaca 54 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Ratusan Guru Honorer di Purwakarta Datangi Kantor DPRD Minta Diangkat Menjadi PPPK 

1 Maret 2024 - 00:32 WIB

Ratusan guru honorer di Purwakarta saat melakukan aksi damai di Kantor DPRD Purwakarta

Mahasiswa UPI Purwakarta Bantu Warga Realisasikan Memiliki Penampungan Bibit Ikan

25 Desember 2023 - 21:45 WIB

SMKN 1 Plered Purwakarta Sukses Selenggarakan Perlombaan Paskibra se-Jabar

25 Desember 2023 - 12:50 WIB

Istri Kepala Desa Wisudawan Tertua STAI Muttaqien 2023 

26 Agustus 2023 - 18:31 WIB

Wisuda ke XIII, STIE Muttaqien Purwakarta Lepas 197 Sarjana

26 Juli 2023 - 15:32 WIB

Kecurangan PPDB Bikin Bangkrut Sekolah Swasta?

24 Juli 2023 - 01:15 WIB

Trending di Pendidikan