Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 7 Nov 2019 15:48 WIB ·

Hari Anak Internasional, Pelajar Purwakarta Belajar di Luar Kelas


 Hari Anak Internasional, Pelajar Purwakarta Belajar di Luar Kelas Perbesar

Purwakarta Post – Peringati Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 7 November, siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Purwakarta kompak belajar di luar kelas. Diantaranya seperti yang terlihat di lingkungan SMPN 5 Purwakarta. Para siswa antuasis berkegiatan di luar kelas.

Dari amatan langsung di lokasi, Kamis (07/11/2019), semua proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilakukan di luar kelas. Untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) misalnya, para siswa mengobservasi tanaman di lingkungan sekolah sebagai bahan pembelajaran. Selanjutnya, yang tidak kalah kontras adalah para siswa bersemangat membuat poster bertama pendidikan anti korupsi, bernyanyi dan menari di luar ruangan kelas dalam rangka pembelajaran seni budaya. 

Terpisah, ditemui di ruangan kerjanya, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto menuturkan bahwa kegiatan pembelajaran di luar kelas diterapkan secara serentak di seluruh SD dan SMP se-Purwakarta, khusus hari ini. Hal tersebut, lanjutnya, sebagai bentuk apresiasi terhadap momentum hari anak internasional. 

“Setiap anak berhak mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya. Termasuk, kebahagiaan saat menempuh pendidikan. Sekolah harus menjadi tempat yang menyenangkan bagi mereka. Bukan seperti penjara yang mengekang,” katanya.

Pembelajaran di luar kelas, timpal dia lagi, adalah upaya penyegaran (refreshing) proses KBM. Dengan cara itu diharapkan para siswa dapat lebih bersemangat menyerap ilmu yang ditransfer para guru. Selain itu, para siswa juga bisa lebih dekat dengan alam sekitar. 

“ketika siswa sudah dekat dengan alam, maka akan terbangun rasa peduli di nalar dan batin mereka. Dengan kepedulian itulah mereka akan berkesadaran menjaga alam sekitar. Yang paling dekat, minimal adalah lingkungan sekolah. Sehingga, para siswa pun merasa bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolahnya. Bukan hanya penjaga sekolah,” demikian pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 57 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Ratusan Guru Honorer di Purwakarta Datangi Kantor DPRD Minta Diangkat Menjadi PPPK 

1 Maret 2024 - 00:32 WIB

Ratusan guru honorer di Purwakarta saat melakukan aksi damai di Kantor DPRD Purwakarta

Mahasiswa UPI Purwakarta Bantu Warga Realisasikan Memiliki Penampungan Bibit Ikan

25 Desember 2023 - 21:45 WIB

SMKN 1 Plered Purwakarta Sukses Selenggarakan Perlombaan Paskibra se-Jabar

25 Desember 2023 - 12:50 WIB

Istri Kepala Desa Wisudawan Tertua STAI Muttaqien 2023 

26 Agustus 2023 - 18:31 WIB

Wisuda ke XIII, STIE Muttaqien Purwakarta Lepas 197 Sarjana

26 Juli 2023 - 15:32 WIB

Kecurangan PPDB Bikin Bangkrut Sekolah Swasta?

24 Juli 2023 - 01:15 WIB

Trending di Pendidikan