Menu

Mode Gelap

Desa · 5 Nov 2019 14:41 WIB ·

Kunjungi Diskominfo Purwakarta, Komisi I Dorong Penguatan Digitalisasi Desa


 Kunjungi Diskominfo Purwakarta, Komisi I Dorong Penguatan Digitalisasi Desa Perbesar

Purwakarta Post – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purwakarta mendorong program digitalisasi desa dan pelayanan pemerintahan dapat berjalan maksimal di 2020.

Berdasarkan data pada tahun ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) telah menyelesaikan program desa cerdas internet sebanyak 42 desa.

Rencananya pada tahun 2020 jumlah desa cerdas internet akan bertambah sebanyak 70 desa.

Anggota Komisi I DPRD Purwakarta, Ceceng Abdul Qodir mengatakan penguatan desa digital akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi desa.

“Komisi I mendorong Diskominfo dapat mendorong Desa Digital/Internet masuk desa melalui Program Desa Cerdas, dengan tujuan mempermudah desa dalam memberikan pelayanan dan bisa mengakses lebih cepat informasi. Dengan adanya desa digital maka semua potensi desa bisa dipublikasikan, apalagi desa yang berbasis wisata akan mudah di akses oleh wisatawan. Selain itu desa juga bisa memasarkan produk khas masyarakat desa melalui media sosial,” papar Ceceng, Selasa (5/11/2019).

Komisi I sendiri mengapresiasi kinerja Diskominfo Purwakarta yang telah banyak meningkatkan efisiensi pelayanan melalui program yang telah berjalan. Pasalnya Diskominfo Purwakarta kerap menjadi lembaga yang mendapat kunjungan dari pemerintah daerah lain di Indonesia.

“Pada dasarnya Komisi I memberikan apresiasi atas kinerja Diskominfo Purwakarta yang sudah memberikan pelayan yang maksimal, walaupun masih terkendala dengan berbagai keterbatasan fasilitas yang ada,” timpalnya.

Pada saat yang sama Komisi I juga mendorong agar pendapatan daerah dapat tersambung baik melalui pelayanan digital yang terintegrasi.

“Selain itu Komisi I berharap Diskominfo bisa memfasilatasi Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) untuk melakukan digitalisasi potensi pendapatan asli daerah, salah satunya bersumber dari rumah makan, agar stiap pajak rumah makan yang sudah dibayarkan masyarakat kepada Pemerintah Daerah bisa langsng terkoneksi dengan Bapenda. Sehingga tidak ada kebocoran dan lebih transparan dalam pembayaran pajak dan retribusi,” jelasnya.

Kepala Diskominfo Purwakarta, Siti Ida Hamidah mengatakan pada tahun 2020 Diskominfo berfokus untuk mengembangkan program digitalisasi desa dan penguatan layanan masyarakat berbasis internet.

“Program unggulan percepatan desa cerdas internet untuk mewujudkan smart city,” tutur Ida.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

19 April 2024 - 15:32 WIB

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

GM PLN Jabar Lakukan Inspeksi, Pastikan SPKLU Siap Layani Pemudik

9 April 2024 - 23:50 WIB

PLN Purwakarta Bersama Jasa Marga Cek SPKLU di Rest Area Tol Cipularang

9 April 2024 - 16:19 WIB

PLN UP3 Purwakarta Gelar Apel Siaga Kelistrikan Untuk Memastikan Kehandalam Listrik Selama Lebaran

7 April 2024 - 20:34 WIB

Trending di Purwakarta