Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 5 Feb 2019 09:03 WIB ·

Sebuah Dedikasi Sederhana Taman Baca Masyarakat “Sarang Maca Maung Bodas”


 Sebuah Dedikasi Sederhana Taman Baca Masyarakat “Sarang Maca Maung Bodas” Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya Kabupaten Purwakarta mengapresiasi pengoperasian taman baca masyarakat (TBM) “Sarang Maca Maung Bodas” yang digagas mahasiswa STFI Jakarta.

TBM “Sarang Maca Maung Bodas” terletak di Desa Margasari Kecamatan Pasawahan Purwakarta.

Berada di perkampungan taman baca ini sangat sederhana. Meski demikian dari sudut ini ada banyak mimpi-mimpi generasi muda untuk lebih banyak mendapat referensi pengetahuan.

TBM “Sarang Maca Maung Bodas” diresmikan Kepala Bidang Pengembangan dan Pelestarian Bahan Pustaka Purwakarta, Rd. Heni Hendrayani, SH, MM.

Hero Gefthi Firnando Ketua Kelompok KKN mahasiswa Sekolah Tinggo Filsafat Islam (STFI) Sadra Jakarta menyebut memiliki gagasan besar lewat taman baca tersebut.

“Sebuah dedikasi sederhana yang ingin kami berikan bagi masyarakat, terutama pemuda dan anak-anak dari desa Margasari agar memiliki tempat membaca dan berkumpul yang nyaman dan damai, sehingaa terbuka cakrawala dan harapan demi kemajuan diri dan bangsa Indonesia,” ujar Hero Jumat (1/2/2019).

Rudi Ali Ruda Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Purwakarta mendukung langkah mahasiswa untuk mendirikan TBM. Terlebih menurutnya ada banyak manfaat yang nanti akan dirasakan masyarakat utamanya generasi muda.

“FTBM Purwakarta mendukung sepenuhnya Sarang Maca Maung Bodas yang telah digagas pemuda desa Margasari bersama mahasiswa STFI Sadra Jakarta. Berdirinya SMMB tentu merupakan kabar baik dan membahagiakan sebagai bukti dari ikhtiar peningkatan sumber daya masyarakat setempat melalui akses sumber bacaan dan beragam aktivitas literer. Semoga SMMB yang dikelola oleh kang Heri beserta kawan-kawan kreatif lainnya dapat memberikan manfaat nyata bagi warga Desa Margasari dan sekitarnya, selain itu diharapkan dapat menginspirasi pemuda lain untuk melakukan hal yang serupa, bahkan lebih, di seluruh desa di Kab. Purwakarta,” papar Ali Ruda.

Dalam peresmian turut hadir Kabid Kepemudaan Disporaparbud Purwakarta, Ahmad Arif Imamulhaq yang menyampaikan apresiasinya atas digagasnya TBM tersebut.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah yang menangani kepemudaan menyampaikan terimakasih dan penghargaan atas gagasan para mahasiswa dan pemuda desa Margasari membentuk TBM ini. Sebuah ikhtiar dalam menumbuhkan dan menjaga semangat literasi bagi generasi anak negeri,” jelasnya.

Menurutnya melalui TBM “Sarang Maca Maung Bodas” masyarakat dan generasi muda di Desa Margasari dapat membuka cakrawala dunia.

“Membaca merupakan jendela dunia, dimana kita dapat membuka cakrawala agar anak-anak bangsa tetap memiliki harapan dan cita-cita bagi kebaikan dan kemajuan dirinya, masyarakat serta bangsa dan negaranya. Apa yang dilakukan para mahasiswa yang sedang kuliah kerja nyata, manfaatnya sangat berguna bagi masyarakat Purwakarta,” pungkas Ahmad Arif Imamulhaq.

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Ratusan Guru Honorer di Purwakarta Datangi Kantor DPRD Minta Diangkat Menjadi PPPK 

1 Maret 2024 - 00:32 WIB

Ratusan guru honorer di Purwakarta saat melakukan aksi damai di Kantor DPRD Purwakarta

Mahasiswa UPI Purwakarta Bantu Warga Realisasikan Memiliki Penampungan Bibit Ikan

25 Desember 2023 - 21:45 WIB

SMKN 1 Plered Purwakarta Sukses Selenggarakan Perlombaan Paskibra se-Jabar

25 Desember 2023 - 12:50 WIB

Istri Kepala Desa Wisudawan Tertua STAI Muttaqien 2023 

26 Agustus 2023 - 18:31 WIB

Wisuda ke XIII, STIE Muttaqien Purwakarta Lepas 197 Sarjana

26 Juli 2023 - 15:32 WIB

Kecurangan PPDB Bikin Bangkrut Sekolah Swasta?

24 Juli 2023 - 01:15 WIB

Trending di Pendidikan