Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 5 Feb 2019 07:46 WIB ·

Dinkes Purwakarta Minta Masyarakat ke Puskesmas Bila Miliki Gejala Mirip TB


 Dinkes Purwakarta Minta Masyarakat ke Puskesmas Bila Miliki Gejala Mirip TB Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Nurhidayat meminta masyarakat yang menderita Tuberkulosis (TB) untuk segera melapor kepada puskesmas terdekat. Hal tersebut diminta pihaknya agar masyarakat segera mendapatkan penanganan lebih lanjut, terlebih TB salah satu penyakit yang menyerang pernafasan dan cukup berbahaya karena menular.

“Ya segera lapor ke puskesmas terdekat dan jangan malu, karena petugas akan langsung memeriksa, karena penyakit ini apabila dibiarkan berbahaya dan menular, langsung SMS atau Whatsapp puskesmas terdekat,” ujar Nurhidayat di sela pembukaan Lokakarya Puskesmas Sukatani, Purwakarta (6/2/2019).

Nurhidayat tidak bisa memastikan terkait jumlah penderita TB di Purwakarta, karena sebagian besar penderita TB menutup diri karena malu. Sehingga pihaknya cukup kesulitan dalam memastikan jumlah penderita TB.

”Susah nya itu karena kebanyakan mereka malu, seolah penyakit kotor padahal kalau tidak ditangani segera cukup berbahaya, karena menular,” Kata dia.

Nurhidayat tidak menampik adanya tren kenaikan penderita TB, terlebih mulai adanya kesadaran dari masyarakat yang langsung memeriksakan diri ataupun langsung menghubungi petugas apabila memiliki ciri dan gejala seperti penderita TB.

“Analisis kesehatan naik karena hari ini banyak yang laporan dan minta diperiksa, dulu mungkin banyak yang gak laporan, itu tadi mereka malu. Yang jelas kita terus melakukan monitoring,” ujarnya.

TB paling sering menyerang paru-paru dengan gejala klasik berupa batuk, berat badan turun, tidak nafsu makan, demam, keringat di malam hari, batuk berdarah, nyeri dada, dan lemah. Dirinya meminta agar masyarakat yang memiliki tetangga atau keluarga dengan ciri penyakit tersebut untuk segera memeriksakan diri.

Adapun untuk di Kabupaten Purwakarta sendiri, Nurhidayat tidak terlalu merinci perihal wilayah di Purwakarta yang diduga banyak penderita TB, tetapi dirinya terus melakukan koordinasi dan menyiapkan petugas yang siaga serta jemput bola di seluruh wilayah di Purwakarta.

“Wilayah yang polutannya tinggi bahkan di wilayah yang berudara dingin. Kita sudah siapkan petugas dan langsung jemput bola untuk memeriksa, apabila positif kita langsung isolasi karena penyakit ini menular. Intinya masyarakat yang terindikasi TB jangan malu untuk memeriksa atau melapor pada puskesmas terdekat,” ujar dia.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

6 Desain Dapur Modern dan Klasik

21 Juli 2023 - 09:55 WIB

PPJ Purwakarta Dampingi Posyandu Ikut Lomba Tingkat Provinsi

19 Juli 2022 - 13:22 WIB

Thalasemia, Rumah Sakit jadi Rumah Kedua

1 Juli 2022 - 10:29 WIB

Nakes di Purwakarta Lapor ke Kajari Soal Pungutan Jasa Layanan Kesehatan

12 Mei 2022 - 06:44 WIB

7 Hal Sederhana Agar Anak Lebih Bijak Menggunakan Plastik

14 Oktober 2021 - 21:29 WIB

Vaksinasi Covid-19 di Purwakarta Baru Mencapai 36,77 Persen

3 September 2021 - 02:22 WIB

Trending di Kesehatan