Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 2 Apr 2019 20:04 WIB ·

Antisipasi Baby Blues Syndrom, Dinkes Minta Bidan Pro Aktif


 Antisipasi Baby Blues Syndrom, Dinkes Minta Bidan Pro Aktif Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Kasus penguburan hidup – hidup bayi usia 5 bulan yang dilakukan oleh ibunya sendiri di Kiarapedes Purwakarta beberapa waktu yang lalu, menjadi perhatian. Terlebih apa yang dilakukan W (35) Ibu yang melakukan aksinya tersebut diduga mengalami baby blues syndrom atau psikis kejiwaan yang kerap dialami ibu hamil dan ibu yang telah melahirkan.

Agar tidak terjadi kejadian yang serupa, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta, meminta para bidan Desa untuk proaktif lagi dalam memantau ibu hamil dan pasca melahirkan.

“Proaktif dan cepat tanggap, bahkan selalu berkoordinasi dengan aparat Desa setempat,” ujar PLT Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, Dadan, di sela kegiatan Sumpah Janji Bidan Se – Kabupaten Purwakarta. Di Bale Sawala Yudhistira Selasa (2/4/2019).

Bahkan menurutnya, ketika kegiatan posyandu keliling para bidan harus serta merta memberikan pemahaman pendampingan baik untuk keluarga maupun ibu yang sedang hamil.

“Manfaatkan juga momen kegiatan posyandu kan suka digelar di RT/RW disitu bidan juga berikan penyuluhan akan bahayanya baby blues syndrom baik untuk ibu yang hamil, pasca melahirkan termasuk keluarganya,” ujar Dadan.

Selain itu dirinya juga meminta peran serta keluarga dan masyarakat, terhadap ibu hamil atau pasca melahirkan. Karena timbulnya baby blues syndrom bisa diminimalisir apabila dilakukan pendampingan yang tepat dari lingkungan, salah satunya keluarga yang memiliki ibu hamil atau pasca melahirkan.

Sehingga kejadian yang menimpa W bisa diminimalisir serta kasus terakhir di Purwakarta.

“Untuk itu tadi juga kita undang pakar bagaimana meminimalisir baby blues syndrom, yang terpenting keluarga, masyarakat serta aparat desa termasuk bidan harus pro aktif,” ujar dia.

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

6 Desain Dapur Modern dan Klasik

21 Juli 2023 - 09:55 WIB

PPJ Purwakarta Dampingi Posyandu Ikut Lomba Tingkat Provinsi

19 Juli 2022 - 13:22 WIB

Thalasemia, Rumah Sakit jadi Rumah Kedua

1 Juli 2022 - 10:29 WIB

Nakes di Purwakarta Lapor ke Kajari Soal Pungutan Jasa Layanan Kesehatan

12 Mei 2022 - 06:44 WIB

7 Hal Sederhana Agar Anak Lebih Bijak Menggunakan Plastik

14 Oktober 2021 - 21:29 WIB

Vaksinasi Covid-19 di Purwakarta Baru Mencapai 36,77 Persen

3 September 2021 - 02:22 WIB

Trending di Kesehatan