Desa

Wabup Purwakarta Dorong Agar Semua Desa Terus Berinovasi

Purwakarta Post – Wakil Bupati Purwakarta, H Aming mendorong agar Pemerintah Desa terus berinovasi melalui program-program unggulan.

Wakil Bupati Purwakarta, H Aming secara resmi membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) zona I tahun 2019 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Jalan Purnawarman Kelurahan Sindangkasih, Rabu (31/7/2019).

Bursa Inovasi Desa Zona I sendiri digelar oleh 9 kecamatan yaitu, Kecamatan Purwakarta, Pondoksalam, Pasawahan, Jatiluhur, Sukasari, Babakancikao, Bungursari, Campaka dan Kecamatan Cibatu.

Menurut Wabup H Aming sejak tahun 2015 lalu desa sudah mendapatkan anggaran dana desa dari pemerintah pusat melalui Kemendesa PDTT. Dana desa tersebut menurutnya harus didorong untuk program-program inovasi yang dapat mensejahterakan masyarakat.

baca juga: 8 Kecamatan di Purwakarta Gelar Bursa Inovasi Desa 2019

“Semua desa kan sekarang mendapatkan anggaran dana desa, jadi dari situ bisa kepala desa perangkat desanya berinovasi untuk mensejahterakan masyarakat di desanya masing-masing seperti melalui BUMDesa,” papar Wabup H Aming.

H Aming juga berharap tahun depan dana desa dapat dimanfaatkan untuk program-program inovatif baik dalam bidang infrastruktur maupun pemberdayaan.

Wakil Bupati Purwakarta, H Aming saat mengecek dokumen capturing inovasi pada Bursa Inovasi Desa Zona I Purwakarta 2019

“Harpannya kepada kepala desa tolong kesejahteraan masyarakat diperhatikan, baik di bidang pedidikan, kesehatan, dan infrastruktur,” timpalnya.

Untuk pengawasan Wabup sendiri memastikan tetap dilakukan secara akuntabel dan transpran. Pasalnya sejumlah lembaga baik di daerah maupun pusat turut mengawasi dana yang masuk ke desa.

“Ada pengawasan dari Inspektorat ada pendamping desa dari Kemendesa dan pengawas lainnya,” pungkas H Aming.

Baca juga :  Masyarakat Desa Bunder dan Mekargalih Purwakarta Dirikan Usaha Produksi Sabun
Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top