Purwakarta

Disnaker Purwakarta “Keder” Cari Data TKW yang Berangkat ke Luar Negeri

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Dinas Tenga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta kesulitan saat mencari data tenaga kerja wanita (TKW) asal Maniis yang disekap majikanya di Abu Dhabi.

Seorang TKW asal Kampung Sampalan Rt03/01 Desa Pasir Jambu Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta bernama Ipa (22) tahun viral setelah terekam video tengah disekap majikan.

Video berdurasi 46 detik tersebar melalui Instagram @ndorobeii menunjukan Ipa tengah meminta tolong kepada TKW lain asal Purwakarta. Ipa minta untuk bisa berkomunikasi dengan keluarga di Maniis.

Minimnya informasi dan data ketenagakerjaan menjadi alasan Disnakertrans kesulitan mendapat informasi tentang Ipa.

“Kita langsung cek, tapi minim informasi. Kita sudah cek,tapi hasilnya tidak terdata TKW yang disekap tersebut,” ujar Kepala Disnakertrans Purwakarta, Titov Firman, Rabu (30/1/2019).

Data Ipa baru terkonfirmasi setelah pihak Disnakertrans Purwakarta menanyakan kepada kepala desa.

“Setelah ditelusuri lebih lanjut ada titik terang, pihak desa dan orang tua TKW datang dan membenarkan suara tersebut milik anaknya,” ungkapnya.

Direktur Eksekutif Lingkar Studi Masyarakat (Lisuma) Purwakarta, Saefudin Sei mendorong agar Disnakertrans Purwakarta tidak lalai soal data TKW.

“Sangat disayangkan kalau urusan data TKW saja Disnaker kesulitan, padahal itu leading sektor mereka loh,” tuturnya.

Tapi lebih penting dari itu Disnaker Purwakarta dibantu agar mampu menyelesaikan masalah-masalah yang menimpa TKW asal Purwakarta.

Click to comment

Berita Populer

To Top