Desa

8 Kecamatan di Purwakarta Gelar Bursa Inovasi Desa 2019

Kepala Bidang PED, DPMD Kabupaten Purwakarta, Asep Suparman

Purwakarta Post – Sebanyak delapan kecamatan yang tergabung dalam zona II Kabupaten Purwakarta menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) tahun 2019 di Aula Desa/Kecamatan Plered, Selasa (30/7/2019).

Bursa Inovasi Desa sendiri merupakan bagian dari Program Inovasi Desa yang digulirkan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) RI. Melalui Bursa Inovasi Desa diharapkan Pemerintah Desa dapat menggulirkan program-program inovatif, adaptif sesuai zaman namun tidak mengabaikan aspek hukumnya.

Bursa Inovasi Desa tahun ini diikuti oleh peserta dari 105 desa di 8 kecamatan yakni, Kecamatan Kiarapedes, Wanayasa, Bojong, Darangdan, Plered, Sukatani, Tegalwaru dan Kecamatan Maniis.

baca juga: Lewat BID 2018, Bupati Purwakarta Dorong Pemerintah Desa Terus Berinovasi

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Desa (PED), Asep Suparman resmi membuka Bursa Inovasi Desa tahun 2019.

“Program ini bertujuan untuk menjembatani kebutuhan masyarakat desa sekaligus sebagai sarana penyelesaian masalah dalam penggunaan dana desa agar sesuai peruntukannya,” papar Asep Suparman.

Koordinator Tenaga Ahli Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Purwakarta, Arief Syahid Hidayat mengatakan, Bursa inovasi Desa tersebut sebagai forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Purwakarta.

Bursa Inovasi Desa zona II Kabupaten Purwakarta 2019

Pastinya Arief mendorong agar Pemerintah Desa jangan takut untuk berinovasi, terlebih untuk kemajuan pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Jangan takut berinovasi demi mensejahterakan masyarakat banyak,” timpal Arief.

“Setiap program yang direncanakan juga harus melalui musyawarah dan melibatkan masyarakat setempat agar apa yang akan dibangun nanti sesuai kebutuhan serta kepentingan masyarakat banyak,” pungkasnya.

Baca juga :  Oposisi yang Lucu, Dedi Mulyadi: Kita Tidak Perlu Menyediakan Hiburan
Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top