Teknologi

Cara Mengatasi Pesan Error Daftar Akun sscn.bkn.go.id

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Saat coba registrasi akun sscn.bkn.go.id calon pelamar CPNS 2018 kesulitan untuk mendaftar saat memasukan nomor NIK dan nomor kartu keluarga. Pelamar akan banyak menemukan kendala dan selalu mendapatkan pesan boks yang muncul “Mohon maaf. Koneksi sedang sibuk, silahkan coba kembali beberapa saat lagi”, atau pesan error “jdbc exception on hibernate data access: sqlexception for sql [???]; sql state [null]; error code [0]; cannot open connection; nested exception is org.hibernate.exception.genericjdbcexception: cannot open connection” atau salah dalam memasukan captcha sebaiknya coba cara ini.

Tiga pesan kesalahan atau gagal tersebut sering muncul saat pelamar mendaftar akun sscn.bkn, tapi tahukah kamu setiap pesan tersebut memiliki cara masing-masing untuk mengatasinya. Karenanya coba untuk bersabar saat mendaftarkan akun sscn.bkn meski berkali-kali gagal. Namun ada pula yang telah melewati tahap pendaftaran NIK dan KK tapi malah gagal ditahap kedua.

Untuk mengatasi itu semua ada beberapa cara yang harus dilakukan agar berhasil dan lancar mendaftar akun sscn.bkn. Hal yang paling penting adalah memahami setiap pesan kesalahan dan gagal daftar sscn.bkn agar proses registrasi berjalan lancar.

Masalah, “Mohon maaf. Koneksi sedang sibuk, silahkan coba kembali beberapa saat lagi” pesan ini muncul karena jumlah pendaftar lebih banyak daripada kapasitas bandwith server, dan kestabilan koneksi. Cara mengatasinya yaitu dengan mengklik tombol OK pada pesan boks yang muncul maka secara otomatis nomor captcha akan berubah. Kesalahan yang jangan dilakukan adalah dengan merefresh atau mereload halaman registrasi sscn.bkn, jika dilakukan maka akan kembali ke proses input NIK dan KK awal.

Masalah, “jdbc exception on hibernate data access: sqlexception for sql [???]; sql state [null]; error code [0]; cannot open connection; nested exception is org.hibernate.exception.genericjdbcexception: cannot open connection” artinya saat yang sama jumlah aktifitas histori browser terlalu penuh sehingga harus dilakukan penghapusan ulang dengan cara (mengklik tombol titik tiga di pojok kanan atas, lalu klik more tools, dan mengklik clear browsing data). Setelah itu kemudian refresh halaman registrasi akun sscn.bkn dan kembali melakukan langkah 1 input NIK dan KK.

Masalah, “kesalahan tcapcha” maka yang harus dilakukan adalah dengan melakukan penginputan ulah kode captcha yang ada dan mengklik tombol lanjutkan.

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah coba lakukan terus hal tersebut bila mendapati pesan eror, dan pastikan untuk bersabar saat proses loading data NIK dan KK. Pasalnya berdasarkan penuturan seorang calon pelamar butuh waktu respon server untuk mencocokan data NIK dan KK yang ada di sscn.bkn dengan server milik Dukcapil Kemendagri. Proses tergantung dari seberapa sibuk trafik pengunjung yang sedang mendaftar, namun biasanya lakukan pendaftaran pada jam-jam abnormal seperti dini hari atau pada saat jam istirahat seperti pukul 11.00 WIB.

“Alhamdulillah berhasil untuk langkah 1 input NIK dan KK, kemudian input data kembali di langkah 2,” tutur seorang calon pelamar CPNS 2018, Sabtu (28/9/2018).

Selanjutnya di langkah 2, proses registrasi mengisi nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, unggah foto berlatar merah dengan ukuran maksimal 200KB, memasukan email, pasword, pertanyaan keamanan dan mengisi captcha ulang. Selama proses ini maka akan terjadi loading yang mungkin lama. Maka tipsnya adalah dengan membiarkan proses loading terus berlangsung, jangan sekali-kali merfresh halaman proses langkah 2 atau jika tidak anda akan kembali mengulang di tahap langkah 1.

Upadte: berdasakran informasi akun Twitter resmi BKN @BKNgoid secara resmi BKN memastikan pada hari Minggu (30/10/2018) BKN akan melakukan upgarding kapasitas server dari pukul 0.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB, pada rentan waktu tersebut akses ke website sscn.bkn.go.id akan terganggu.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top