Ekonomi

Promosi Kopi Asal Wanayasa, Purwakarta Gelar Festival Kopi

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Menjamurnya warung dan kafe kopi di Purwakarta, menjadi peluang besar untuk meningkatkan potensi kopi asli Purwakarta berasal dari Wanayasa.

Kualitas Kopi Wanasaya juga cukup mumpuni, apalagi berjenis arabica yang memiliki cita rasa tersendiri.

“Melalui Kegiatan ini, kami ingin memberikan apresiasi kepada para petani kopi, dengan mengangkat kembali cita rasa kopi Wanayasa,” Ungkap Pejabat Sekretaris Daerah Purwakarta Moch.  Irsyad Nasution dalam pembukaan Purwakarta Festival Kopi 2018 di Taman Pasanggrahan Padjadjaran Purwakarta, Minggu (29/7/2018).

Menurut Irsyad, Purwakarta sendiri dahulu merupakan daerah penghasil kopi terbaik, akan tetapi setelah VOC menyerah, petani mulai meninggalkan.

“Salah satu penghasil kopi terbaik, waktu itu dikelola oleh VOC akan tetapi bubar karena menyerah jadi petani pun ikut bubar, sekarang kita hidupkan kembali,” tutur Irsyad.

Selain itu banyaknya pengusaha UMKM dibidang kuliner yang berbasiskan warung kopi atau kafe Kopi, diharapkan bisa meningkatkan cita kopi Wanayasa ke depan. Apalagi  Purwakarta menjadi salah satu daerah tujuan wisata.

“Promosi Kopi Wanayasa dan banyak Pengusaha yang menjadikan kopi sebagai unggulan, ke depan Kopi Wanayasa bisa juga disajikan,” ujar dia.

Purwakarta Kopi Festival sendiri, diisi oleh berbagai kegiatan diantaranya berisi diskusi, pameran produk hingga hiburan lainnya.

Sedianya acara tersebut diikuti oleh enam daerah Kabupaten Kota di Jawa Barat, seperti Purwakarta, Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang dan Kota Bekasi.

“Akan banyak acara baik diisi oleh pakar kopi termasuk games, yang jelas acara ini kita inginkan peningkatan cita kopi Wanayasa,” ujar Kabid Pariwisata Purwakarta Heri Anwar.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top