Purwakarta

Panel Surya Tak Berfungsi, Jalan Provinsi di Kecamatan Wanayasa Gelap dan Rawan

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Sekitar 23 tiang panel surya penerangan jalan umum jalan provinsi di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta tidak berfungsi, akibatnya jalan menjadi gelap dan rawan kecelakaan.

Meski Polres Purwakarta telah mendirikan pos pengamanan operasi ketupat lodaya 2019 di pintu masuk Situ Wanayasa, namun jalan disekitarnya gelap dan rawan kecelakaan.

Penyebabnya karena puluhan tiang penerangan jalan umum dari panel surya mati sejak beberapa bulan ini.

Di sepanjang jalur penghubung Purwakarta-Subang terdapat tebing dan jalanan berkelok, saat penerangan jalan umum mati pengguna jalan harus lebih berhati-hati.

“Hampir semua tiang pju panel surya di Wanayasa mati, tolong dong pak diperbaiki,” kata Surya pengguna jalan, Rabu (29/5/2019) malam.

Sebelumnya, Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta, pastikan seluruh jalur yang menjadi lintasan para pemudik ‘caang’ saat arus mudik lebaran 2019 nanti.

Kepala Distarkim Kabupaten Purwakarta, Agung Wahyudi, mengatakan, saat ini jajarannya terus melakuka perbaikan penerangan jalan umum (PJU) di seluruh jalur yang ada. Pihaknya akan memfokuskan sepanjang jalur lintasan mudik PJU dilakukan.

“Petugas sampai saat ini terus menyisir seluruh jalur yang ada untuk mencari PJU yang kondisinya rusak supaya bisa segera diperbaiki,” ujarnya ketika di Purwakarta. Senin (27/5/2019).

Sedangkan menurut Kabid Pertamanan dan PJU, Distarkim Purwakarta, Kosasih menjelaskan, hasil inventarisasi jajarannya, dari sekitar 3.600 PJU yang tersebar di seluruh jalur, terdapat 900 titik PJU yang mengalami kerusakan. Kerusakannya pun bervariasi. Semisal, terdapat lampunya yang tak menyala.

“Untuk 900 titik PJU yang teridentifikasi rusak ini, terdapat di jalur perkotaan dan pedesaan. Sejauh ini, kita telah memperbaiki 800 titik. Sisanya, kami pastikan bisa diperbaiki sebelum pelaksanaan mudik,” jelas dia.

Dia menjelaskan, untuk perbaikan dan pemeliharaan PJU tersebut, tahun ini pihaknya mengalokasikan anggaran Rp 400 juta. Selain perbaikan, tahun ini pihaknya pun menganggarkan Rp 600 juta untuk penambahan PJU baru.

“Tahun ini, kami akan tambah 76 PJU baru. Untuk titiknya masih kami survei. Untuk yang baru, kemungkinan akan dipasang setelah lebaran,” tambah dia.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top