Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 28 Okt 2019 17:38 WIB ·

Peringati Sumpah Pemuda, 28.000 Orang Bersihkan Sungai Cilamaya Sepanjang 30 KM


 Peringati Sumpah Pemuda, 28.000 Orang Bersihkan Sungai Cilamaya Sepanjang 30 KM Perbesar

Purwakarta Post – Memperingati Hari Sumpah Pemuda sekitar 28.000 masyarakat Kabupaten Purwakarta membersihkan Sungai Cilamaya sepanjang 30 kilometer, Senin (28/10/2019).

Gerakan membersihkan sungai ini diinisiasi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi bersama DPD KNPI Kabupaten Purwakarta, Kecamatan hingga Pemerintah Desa.

“Sumpah pemuda biasa diisi dengan upacara yang diatur oleh tata kelola kenegaraan dan silahkan itu tetap dijalankan, namun hari ini saya mengajak masyarakat untuk melakukan bukti nyata di antaranya adalah membersihkan Sungai Cilamaya,” ungkap Dedi Mulyadi disela-sela membersihkan Sungai Cilamaya.

Dedi berkomitmen ingin mengembalikan kondisi Sungai Cilamaya karena keadaanya sangat vital bagi masyarakat Subang, Karawang dan Purwakarta teraliri. Sehingga hari ini masyarakat diajak bersama-sama membersihkan aliran sungai.

“Membersihkan sungai hari ini saja, tapi ke depan dapat dibuat sistem tata kelola yang baik,” ujar mantan Bupati Purwakarta dua periode itu.

Salah satu sistem yang dapat diimplementasikan adalah membuat IPAL Komunal bagi industri dan industri rumah tangga, termasuk membuat regulasi pengelolaan sampah.

“Saya sudah ketemu dengan kepala desa dan camat untuk menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke Sungai,” kata Dedi.

Jika regulasi itu telah berjalan, lanjut Dedi maka tahun berikutnya tidak mesti membersihkan sungai kembali, namun dengan catatan semua masyarakat sadar akan lingkungan sekitar.

“Hari ini gerakan membersihkan Sungai Cilamaya mulai dari hulu sampai hilir, yah kira-kira ada sekitar 15 sampai 20 ribu masyarakat yang terlibat hari ini. Pada intinya sumpah pemuda masyarakat Purwakarta, Subang dan Karawang untuk Cilamaya,” ujar Dedi.

Sementara, Ketua DPD KNPI Cabang Purwakarta, Asep Supriatna mengatakan, di Purwakarta kegiatan bakti sosial ini mulai dari Kecamatan Kiarapedes sampai Kecamatan Cibatu yang menjadi perbatasan dengan Subang dengan panjang sekitar 30 kilometer.

“Hari ini di Kecamatan Kiarapedes akan diserahkan rekor muri untuk gerakan terbanyak di sepanjang sungai,” ujar pria yang juga menjabat kepala BKPSDM Purwakarta itu.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Dihari Pertama Pendaftaran PPK Untuk Pilkada 2024, KPU Purwakarta Catat 152 Orang Sudah Daftar

23 April 2024 - 20:19 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

19 April 2024 - 15:32 WIB

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

GM PLN Jabar Lakukan Inspeksi, Pastikan SPKLU Siap Layani Pemudik

9 April 2024 - 23:50 WIB

PLN Purwakarta Bersama Jasa Marga Cek SPKLU di Rest Area Tol Cipularang

9 April 2024 - 16:19 WIB

Trending di Purwakarta