Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 26 Okt 2017 18:41 WIB ·

Panwaslu Purwakarta Dorong Warga Berpartisifasi Sukseskan Pemilukada


 Panwaslu Purwakarta Dorong Warga Berpartisifasi Sukseskan Pemilukada Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID – Bertempat di Aula Kesbangpolinmas Purwakarta, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta gelar sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Purwakarta 2018, Kamis (26/10/2017).

Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta, Oyang Este Binos, S.Fil.I mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya proses hajatan demokrasi tersebut agar bisa berjalan sesuai ketentuan. Sehingga terwujudnya Pemilukada dan Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

“Keterbatasan jumlah petugas Panwas juga menjadi salah satu alasan pentingnya melibatkan masyarakat dalam mengawasi Pemilu. Apalagi, masyarakat menjadi pelaku sekaligus pemanfaat proses dan hasil Pemilu atau Pilkada tersebut,” ujar Binos.

Menurutnya, adanya sejumlah titik rawan pelanggaran dalam sejumlah tahapan Pemilu, menuntut perlunya pengawasan partisipatif dari masyarakat.

“Misalnya, tahap pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye maupun saat pungut hitung suara,” tutur Binos dihadapan ratusan peserta yang didominasi oleh kaum muda itu.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Purwakarta, Deni Ahmad Haidar menegaskan, Pilkada Purwakarta akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018.

“Meski demikian tahapan Pemilu sudah berjalan sejak saat ini. Dan diperlukan pengawasan semua pihak, termasuk masyarakat. Diantara tahapan yang berjalan adalah rekrutmen anggota PPK di tiap kecamatan dan PPS di tingkat desa,” ujar dia.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Dihari Pertama Pendaftaran PPK Untuk Pilkada 2024, KPU Purwakarta Catat 152 Orang Sudah Daftar

23 April 2024 - 20:19 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

19 April 2024 - 15:32 WIB

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

GM PLN Jabar Lakukan Inspeksi, Pastikan SPKLU Siap Layani Pemudik

9 April 2024 - 23:50 WIB

PLN Purwakarta Bersama Jasa Marga Cek SPKLU di Rest Area Tol Cipularang

9 April 2024 - 16:19 WIB

Trending di Purwakarta