Purwakarta

Sekda Purwakarta Hadiri Peringatan Tahun Baru Islam Di Cijantung Sukatani

Sekretaris daerah Purwakarta, padil karsoma, saat memberikan sambutannya di mesjid cijantung.

PURWAKARTAPOST.CO.ID – Sekretaris Daerah (sekda) Padil Karsoma hadiri Peringatan Tahun Baru Islam 1439 H di Desa Cijantung Kecamatan Sukatani. Selasa (26/9/2017).

Selain diisi dengan pengajian, kegiatan tersebut juga diisi dengan santunan anak yatim dan pati jompo warga setempat.

“Makna ibadah bulan Muharram perlu dimaknai oleh kita semua agar mampu membawa perubahan perilaku demi kemaslahatan publik,” ujarnya.

Ia mengatakan, dibulan ini tentunya harus dijadikan momentum untuk melatih diri mengendalikan hawa nafsu agar proses perjalanan hidup ini tidak menjadi sia-sia.

“Berlatih diri untuk mempertajam kepekaan hati nurani, sebab kalau nurani memiliki kepekaan maka yang baik dan buruk akan terlihat terang, berbuat baik dan mampu menerjemahkan nilai-nilai filosofi Muharram dalam perilaku yang akan datang,” tuturnya.

Menurutnya, dibulan ini harusnya dijadikan upaya dalam melatih diri untuk mengasah nilai spiritual, menjadi manusia paripurna, untuk memiliki kepekaan melalui pendengaran, penglihatan dan nurani terhadap kebenaran, keadilan dan petunjuk Ilahi.

Melakukan perubahan perilaku yang tidak sehat menjadi sehat, perilaku menyimpang sudah harus dihilangkan dengan cara melakukan taubat kepada sang pemilik alam semesta karena perbuatan sekecil apapun kelak akan diminta pertanggungjawaban dihadapan Mahkamah Ilahi.

“Semua orang tidak akan bisa mengelak dari perbuatan semasa hidupnya, maka di bulan yang penuh keberkahan ini sudah menjadi kewajiban moral bagi kita semua untuk benar-benar melakukan perbaikan diri agar kelak nilai-nilai Muharram mampu diterjemahkan dalam menjalankan kekuasaan,” pungkasnya.

Click to comment

Berita Populer

To Top