Hari Ini : Harga Bitcoin dan Altcoin Turun Signifikan di Akhir April 2018 » Purwakarta Post
Digital Aset

Harga Bitcoin dan Altcoin Turun Signifikan di Akhir April 2018

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Pantauan tim redaksi, di akhir bulan April 2018 harga Bitcoin dan Altcoin mengalami penurunan yang signifikan. Penuruan ini menjadi trend di seluruh marketplace cryptocurrency baik dalam negeri seperti Indodax.com atau pun market luar Bittrex.com.

Ada beberapa alasan kenapa harga Bitcoin dan Altcoin di akhir April mengalami penurunan yang tajam. Berdasarkan analisa tim redaksi penurunan harga Bitcoin dan Altcoin dipengaruhi pada isu yang berkembang di luar negeri.

Market exchange coin Indonesia (Indodax) misalnya mencatat penurunan Bitcoin pada kisaran 6-7% sejak Rabu (25/4/2018) malam. Penurunan itu mengakibatkan harga Bitcoin jatuh hingga Rp122.810.000 /per-koin. Penurunan ini diikuti altcoin lainnya seperti Ethereum yang turun 9,6% atau Rp8.527.000 /per-koin dan Bitcoin Cash 4.6% di harga Rp18.100.000 /per-koin.

Di market luar seperti Bittrex.com, harga Bitcoin pun sama mengalami penurunan yang diikuti oleh altcoin seperti Ethereum di kisaran 4.1%.

Ada beberapa alasan kenapa Bitcoin dan altcoin mengalami penurunan di akhir bulan April 2018. Dari pengamaatn redaksi penurunan disebabkan adanya isu miring. Bill Harris, former CEO of Intuit and founding CEO of PayPal and Personal Capital misalnya menulis lewat media Recode.net yang menyebut bahwa Bitcoin is the greatest scam in history. Tulisan ini mendorong market terus menurun.

Penurunan juga bisa disebabkan adanya rencana Hard Fork jaringan Bitcoin Cash, yang ditambahkan. Media financemagnetes.com menulis Everything you nedd to know about the upcomng Bitcoin Cash Hard ForkKarena alasan ini beberapa spekulan berasumsi jumlah Bitcoin Cash akan dikurangi seiring dengan penambahan jumlah Blockchain dari semula 8 menjadi 23. Lebih bagusnya ternyata pengembang Bitcoin Cash telah merencanakan Hard Fork ini sejak pertengahan tahun 2017 lalu. Tak salah bila harga Bitcoin Cash anjlok.

Faktor lain yang mempengaruhi penurunan harga Bitcoin dan altcoin di akhir bulan April 2018 adalah revisi harga di seluruh marketplace cryptocurrency. Sebab beberapa hari lalu harga Bitcoin mengalami kenaikan hingga 7% atau Rp132.000.000 /per-koin, dan Bitcoin Cash Rp21.000.000 /per-koin. Sementara di beberapa negara seperti China melakukan kebijakan ketat akan peredaran Bitcoin ini.

Kesimpulan bagamana masa depan Bitcoin ditentukan dari seberapa besar minat masyarakat akan koin masa depan. Termasuk bagaimana respon pemerintah dalam mengatur perputaran koin digital ini.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top