Menu

Mode Gelap

Grafis · 25 Des 2015 11:19 WIB ·

7 Kebijakan Inovatif Bupati Purwakarta Selama Tahun 2015


 7 Kebijakan Inovatif Bupati Purwakarta Selama Tahun 2015 Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Selama tahun 2015 Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang inovatif untuk memaksimalkan kinerja birokrasi dan membangun daerah. Kebijakan-kebijakan tersebut kini sudah berjalan di masyarakat Kabupaten Purwakarta.

Larangan Menjaul Kaset Digital Bajakan

Awal tahun 2015 Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengeluarkan kebijakan tegas larangan penjualan kaset digital bajakan di seluruh wilayah Kabupaten Purwakarta. Kebijakan yang dibuat melalui Peraturan Bupati Nomor 68 Tahun 2015 tentang Pelarangan Kegiatan Usaha Perdagangan Kaset CD, VCD dan DVD Bajakan, mengacu Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun Tahun 2007 tentang Retribusi Izin Usaha Perdagangan dilandasi Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Kebijakan Pelajar Membuat LHK

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi memberikan interuksi kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Purwakarta, agar siswa di Purwakarta membuat Laporan Harta Kekayaan (LHK). Kebijakan ini dibuat sebagai tindak lanjut dari kebijakan siswa memiliki hewan dan tanaman sebagi sarana pendidikan di luar jam sekolah.

“Jadi nanti si anak kasih laporan, hewan ternaknya berapa, punya tanaman apa aja. Ini penting agar anak ketika berada di luar jam sekolah dia disibukkan mengurus ternak,” kata Bupati Dedi menjelaskan kebijakannya tersebut.

Kebijakan Pelajar Membuat Tas Sendiri

Kebijakan ini digagas langsung oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi yang turun langsung mengajak pelajar Purwakarta agar efisien memanfaatkan produk daur ulang tas buatan sendiri. Selain hemat memakai tas daur ulang buatan dapat meningkatkan kesadaran siswa hidup produktif.

“Saya tadi sudah mantau anak-anak saat masa bimbingan (Mabim) siswa baru di SMPN 7 Purwakarta, ternyata mereka semua menggunakan tas daur ulang,” ujar Bupati Dedi, bulan Juli lalu.

Kebijakan Pelajar Masuk Jam 6 Pagi.

Kebijakan masuk sekolah jam 06.00 pagi berlaku untuk siswa Sekolah Dasar (SD), dan siswa Sekolah Menengah Perta (SMP). Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas masa usia produktif siswa.

Kebijakan Larangan Siswa Pakai Motor dan Meroko

Kebijakan ini dibuat menyusul tingginya angka kecelakaan kendaraan bermotor di Purwakarta. Memberlakukan kebijakan ini Pemerintah Kabupaten menggandeng Kepolisian Resort Purwakarta.

Selain larangan memakai motor Bupati Purwakarta pun melarang pelajar Purwakarta merokok, larangan ini berlaku untuk seluruh sekolah. Pada tahap awal Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Kesehatan memeriksa siswa setelahnya dibuatkan ruang kelas khusus perokok dengan harapan dapat memantau siswa peroko menghilangkan kebiasaan tidak sehat itu.

Kebijakan Desa Berbudaya

Melalui Peraturan Bupati No 70 tahun 2015 tentang Desa Berbudaya, enam desa di Kabupaten Purwakarta menjadi percontohan desa berbudaya. Ke-enam desa ini yaitu, Desa Sukamulya, Linggamukti, Kertamukti, Mulyamekar, Cilandak dan Desa Cibeber. Dalam Perbup ini juga diatur mengenai sanksi moral bagi masyarakat yang melanggar, semisal dalam larangan berpacaran di atas jam 21.00 sanksinya setelah ditegur akan dinikahkan.

“Aturan ini, sengaja dibuat supaya desa kembali memiliki peradabannya,” ujar Bupati Dedi.

Kebijakan Mematikan Lampu Saat Bulan Purnama

Kebijakan tersebut bukan dilandasi hal mistis, pasalnya Bupati Purwakarta berharap saat terang purnama masyarakat dapat lebih khusyu mensyukuri nikmat Allah. Kebijakan ini pun mendorong masyarakat Purwakarta dapat menghemat energi listrik setiap bulannya

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Cerita Mengerikan Mayor Emang 8 Kali Ditembak Belanda untuk Kemerdekaan, Kamu? (2)

16 Agustus 2019 - 15:52 WIB

Cerita Mengerikan Mayor Emang 8 Kali Ditembak Belanda untuk Kemerdekaan, Kamu? (1)

16 Agustus 2019 - 15:18 WIB

Episode Rancadarah: Pemberontakan Cina Makao di Purwakarta

14 Agustus 2019 - 10:26 WIB

Apa Sebenarnya Sunda Megathrust? Apakah Sangat Bahaya?

3 Agustus 2019 - 16:29 WIB

Disduk Purwakarta Musnahkan 3.300 Arsip KTP-el Yang Rusak

16 Januari 2019 - 06:04 WIB

3 Fakta Unik Gerhana Bulan Total “Super Blue Blood Moon” 31 Januari 2018

30 Januari 2018 - 00:04 WIB

Trending di Grafis