Politik

Bawaslu RI Siap Sukseskan Pilkada Serentak 2020

Purwakarta Post – Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) siap menyukseskan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Koordinator Divisi (Koordiv) Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI, Rahmat Bagja SH LLM mengatakan, putusan sengketa di tingkat nasional sebanyak 78 perkara. Di provinsi 168 perkara dan di kabupaten kota sebanyak 700-an perkara.

“Total keseluruhan sebanyak 816 putusan. Hasilnya dapat diakses siapapun juga,” kata Rahmat dalam Rakornas Bawaslu se-Indonesia di Hotel Sahid, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Pihaknya mengapresiasi kinerja anggota Bawaslu di seluruh Indonesia dalan menyelesaikan permasalahan sengketa pemilu.

“Saya apresiasi kerja teman-teman, semua divisi. Baru tahun ini di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten kota, penyelesaian sengketa ditunggu publik, kecuali mediasi,” katanya.

Meski banyak keanehan yang terjadi selama pemilu, hal ini merupakan hal biasa. Semisal yang menetapkan rekapnas KPU, tetapi yang didemo adalah Bawaslu.

“Semua kita buka, situng-situng dan sipol. Kita tidak ingin ada hal yang ditutupi dalam pemilu. Inilah keadilan,” katanya.

Bawaslu sudah melewati fase pemilu. Berikutnya tinggal membuktikan berhasil apa tidak dalam mengawal Pilkada 2020 seperti mengawal Pemilu 2019. “Kita semua adalah wajah-wajah yang akan menegakkan keadilan, menjadi hakim pemilu,” ujarnya.

Meski semua tahu, beban Bawaslu di Papua, sampai rumah anggota yang dibakar. Bencana di Sulteng, Maluku, semua merasakan itu. Bawaslu harus menjawab masalah-masalah Pilkada 2020. “Mari kita bicarakan bersama,” ujarnya.

Baca juga :  Polres Purwakarta Terjunkan Personil di Lokasi Wisata Selama Libur Lebaran
Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top