Opini

Ini Klasemen Sementara Dapil Jabar 7 DPR RI Versi Dakoram Center

Hanya 6 partai yang bakal melenggang ke Senayan. Dari Daerah Pemilihan Kabupaten Purwakarta, Karawang dan Bekasi (Dapil Jabar VII). Partai Golkar, borong kursi, sedangkan PAN dan PPP diperkirakan bakal kehilangan kursi.

Prediksi diatas, dirangkum penulis setelah memperoleh data dari Pusat Kajian Dakoram Centre, di Purwakarta, belum lama ini.

Data yang diolah oleh pusat kajian itu juga telah disimulasikan dengan metode penghitungan perolehan kursi menggunakan metode saint lague. Partai berlambang pohon beringin itu diprediksi merajai perolehan kursi DPR RI di dapil Jabar VII, jumlahnya cukup fantastis. Bisa 4 kursi! Padahal, pada Pileg 2014 lalu, hanya memperoleh 2 kursi.

Dengan persentase perolehan suara mencapai 30,54%, Golkar meraih hampir 1 juta suara di 3 kabupaten.

Diurutan kedua, ada partai besutan Prabowo Subianto yang perolehan kursinya bakal naik, dari 1 kursi di 2014, pada Pileg kali ini jadi 2 kursi. Dengan persentase mencapai 18,43%. Partai Gerindra berhasil mengumpulkan suara sebanyak 594.494 suara di 3 kabupaten.

Posisi berikutnya ditempati PKB, dengan persentase mencapai 11,54%, partai besutan Cak Imin itu, tetap mempertahankan 1 kursi. Dengan perolehan suara mencapai 372.833 suara di 3 kabupaten.

Sementara diposisi keempat, dengan persentase hanya 8,74%. PDIP harus merelakan kehilangan 1 kursinya. Pada Pemilu 2014, partai berlambang banteng itu mendapatkan 2 kursi, sayang, kini hanya menyisakan 1 kursi. Di 3 kabupaten, PDIP hanya memperoleh 282.467 suara. Bahkan di Kabupaten Purwakarta, PDIP hanya memperoleh 37.034 suara.

Lalu, 2 kursi berikutnya disabet oleh PKS dengan persentase 7,71% dan Demokrat dengan persentase 5,09%. Masing-masing 1 kursi. Perolehan suara PKS di 3 kabupaten mencapai 249.035 suara, sementara Demokrat di tiga kabupaten yang sama memperoleh 164.628 suara.

Pada 2019 ini, untuk 10 partai peserta Pemilu lainnya, seperti; Partai Nasdem, Garuda, Berkarya, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, PBB dan PKPI hanya bisa gigit jari, karena persentasenya dibawah 4%, tidak mencapai ambang batas parlemen atau bahasa Inggris na: teu asup parliamentary threshold.

Sekali lagi, semua olahan data diatas adalah: prediksi keneh. Lebih tepatnya, mari sama-sam kita menunggu hasil penghitungan suara real count yang dilakukan KPU. Hingga, Kamis (25/4/2019) di Kabupaten Purwakarta, PPK disejumlah kecamatan telah selesai melakukan rekapitulasi perolehan suara, kotak suara mulai bergeser ke tingkat kabupaten. Pergeserannya, ada yang padat merayap dan ada juga yang ramai lancar.

Masih dari olahan data yang sama, penulis juga akan mengulas KLASEMEN SEMENTARA LIGA PILEG 2019 untuk DPRD PROVINSI DAPIL JABAR 10. Sedikit info, prediksinya, di dapil Karawang dan Purwakarta itu, Golkar hanya mendapat 1 kursi. Bersambung..

Penulis: Yuslipar (adalah Kepala Kantor Berita RMOL JABAR Biro Purwakarta, Subang, Karawang dan Bekasi).

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top