Purwakarta

91 KPM PKH di Kiarapedes Mundur, 886 Rumah Dilabelisasi

Koordinator Pendamping PKH Kecamatan Kiarapedes, Kuswara saat melakukan labelisasi rumah KPM PKH

Purwakarta Post – Untuk memastikan Program Keluarga Harapan (PKH) tepat sasaran. Pendamping PKH di Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta melakukan labelisasi pada ratusan rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada program tersebut.

“Dari 1036 KPM PKH, terdapat yang mundur sebanyak 91 keluarga. Kita lakukan labelisasi pada 886 rumah KPM PKH di Kecamatan Kiarapedes,” kata Koordinator Pendamping PKH Kecamatan Kiarapedes, Kuswara, Selasa (24/12/2019).

Menurutnya, labelisasi rumah KPM PKH bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran agar masyarakat yang dianggap sudah mampu bisa mengundurkan dari kepesertaan program keluarga harapan.

PKH merupakan salah satu program dari Kementrian Sosial RI untuk keluarga pra sejahtera. “Agar penerima tepat sasaran dan ada kontrol dari masyarakat lingkungan penerima manfaat PKH, maka dipasang labelisasi,” ujar Mantan Ketum PMII Cabang Purwakarta itu.

Sementara, Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Purwakarta, Iyan Hidayat mengatakan, pemasangan label identitas di rumah KPM di wilayah Kabupaten Purwakarta sudah dimulai sejak 18 November 2019 lalu.

Pihaknya, secara bertahap di 16 kecamatan melakukan pemasangan daftar nama KPM PKH atau keluarga pra sejahtera penerima bantuan sosial secara umum.

“Dilakukkan pemasangan lebel identitas keluarga penerima manfaat di rumah-rumah KPM se Kabupaten Purwakarta,” demikian Iyan.

Salah satu KPM PKH warga Kampung Ciloji Desa Kiarapedes, Enung Sunengsih (50), menyambut baik adanya labelisasi ini.

“Selain sebagai tanda kepesertaan, juga bisa mengikis kecemburuan sosial dari warga lain dan membantu pendamping agar KPM yang sudah mampu dengan suka rela mengundurkan diri,” kata Enung.

Loading...
www.domainesia.com
Click to comment

Berita Populer

To Top