Kesehatan

Ini 7 Nutrisi Terpenting untuk Perkembangan Janin Ibu Hamil

ibu hamil, image: (Shutterstock)

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Saat memulai masa kehamilan di minggu-minggu pertama, ibu hamil harus dapat memperhatikan asupan nutrisi untuk tumbuh kembang janin secara optimal. Karenanya kali ini akan dibahas nutrisi apa saja yang harus terpenuhi bagi ibu hamil untuk perkembangan janin.

Dikutip dari laman GenerasiMaju.Co.Id ada beberapa hal yang mesti diperhatikan ibu hamil di tahap awal kehamilan tepatnya sejak usia minggu pertama hingga minggu ke empat atau usia janin 1 bulan (minggu 1-4).

Kehamilan bulan pertama 

Pada minggu terakhir di usia 1 bulan janin telah berkembang dari sel yang disebut blastocyst menjadi embrio. Saat usia ini ukuran janin hanya sebesar titik ujung pensil, artinya masih sangat kecil. Namun jangan khawatir meski sangat kecil di usia ini tabung sistem syaraf sudah terbentuk yang nantinya akan menjadi susunan asal otak, tulang belakang janin. Tidak saja itu di usia 1 bulan janin juga telah terbentuk sistem syaraf sel darah hingga bentuk janin nantinya. Secara pasti di usia 1 bulan ukuran janin dapat mencapai 6-7 milimeter atau sebesar beras.

Nutrisi terpenting bulan pertama

Asupan nutrisi di bulan pertama kehamilan harus diperhatikan oleh ibu hamil. Nutrisi terpenting yang baik untuk usia 1 bulan adalah asam folat atau folic acid. Asam folat ini penting untuk mencegah kerusakan tabung sistem saraf janin yang sangat vital. Lalu apa saja makanan yang kaya akan asam folat, diantaranya jeruk, kentang, brokoli, aspargarus hingga telur dan sayur-sayuran. Namun mesti diperhatikan juga asupan zat besi dan proteinnya.

Kehamilan bulan kedua (minggu 5-8)

Di bulan kedua perkembangan janin akan sangat nampak dan berkembang pesat itu bisa dilihat dari terbentuknya wajah bayi dan dua daun telinga kiri dan kanan. Di masa ini juga sel awal terbentuknya kaki dan tangan berkembang baik termasuk jari jemari bayi dan mata kecilnya. Lebih dari itu pada tahapan ini juga mulai terjadi pemadatan tulang lunak bayi hingga adanya gerakan fisik bayi. Namun sayangnya di masa-masa ini ibu hamil kurang merasakan secara langsung, pasalnya ukuran bayi baru mencapai 2,5 sentimeter atau berat 9,5 gram.

Baca juga :  Siapa Adik Angkat Cawagub Jabar Dedi Mulyadi Itu?

Nutrisi terpenting bulan kedua 

Pada masa-masa ini ibu hamil dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, zat besi dan nutrisi. Asam folat penting untuk menghindari ibu hamil mengalami anemia. Zat besi penting untuk kebutuhan kalsium ibu hamil dan protein yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi ikan dan susu.

Kehamilan bulan ketiga (minggu 9-12)

Perkembangan bayi menuju sempurna, dimana bayi telah memiliki kuku-kuku dan mampu menggenggam tangannya. Lebih dari itu pada tahap ini bayi sudah dapat mendengar dan berkembangnya organ reproduksi atau jenis kelamin bayi. Pada bulan ketiga, ukuran bayi dapat mencapai 7,5-10 sentimeter atau seberat 1 ons.

Nutrisi terpenting bulan ketiga

Mengonsumi makanan yang kaya akan nutrisi dan protein seperti susu dan buah sangat dianjurkan bagi ibu hamil diusia bulan ketiga atau trisemeter. Asupan karbohidrat seperti nasi dan kentang sangat baik untuk ibu hamil dan bayi, namun pastikan agar ibu hamil memasak daging dan ikan sampai matang sempurna.

7 Nutrisi terpenting untuk perkembangan janin ibu hamil

Berikut ini kami rangkum sedikitnya ada 7 nutrisi terpenting untuk perkembangan janin ibu hamil dikutip dari halaman GenerasiMaju.Co.Id dengan judul Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap Kehamilan Trisemester 1.

  1. Karbohidrat, dapat diperoleh dari nasi dan umbi-umbian seperti kentang, singkong dan makanan manis. Karbohidrat ini penting sebagai sumber energi utama ibu dan bayi;
  2. Protein, dapat diperoleh dari daging merah, ikan laut, olahan susu dan unggas seperti daging ayam sebagai protein hewani, sementara protein non hewani dapat diperoleh dari kacang-kacangan seperti olahan kacang kedelai dalam bentuk tempe, tahu dan kacang polong;
  3. Lemak, dapat diperoleh dari kacang-kacangan, sayur hijau hingga minyak jagung. Lemak ini penting untuk cadangan energi ibu hamil dan bayi dan untuk menyerap vitamin A, D, E dan K;
  4. Zat besi, dapat diperoleh dari sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli dan bayam juga gandum, buah serta daging merah. Zat besi penting untuk hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen pada seluruh organ tubuh ibu hamil dan bayi;
  5. Asam folat, dapat diperoleh dari sayuran hijau, roti, sereal, nasi, kacang-kacangan hingga pasta. Asam folat sangat penting selama masa kehamilan karena berfusngi dalam masa pembentukan struktur vital hingga syaraf janin;
  6. Vitamin C, dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Pentingnya vitamin C ini adalah untuk membantu penyerapan zat besi yang bersumber dari sayuran; dan
  7. Yodium, dapat diperoleh dari olahan susu seperti yogurt dan keju serta rumput laut, kerang, ikan, telur hingga garam beryodium. Yodium memiliki peranan penting dalam perkembangan janin untuk kebutuhan hormon tiroid. Ibu hamil yang mengalami kekurangan yodium memiliki resiko keguguran, persalinan prematur hingga kelainan bawaan pada janin.
Baca juga :  Dinas kesehatan Purwakarta Sebar Petugas Ke Desa-Desa

Sumber : https://www.generasimaju.co.id/perkembangan-janin-nutrisi-pelengkap-kehamilan-trimester-1

 

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top