Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 23 Jan 2018 13:16 WIB ·

Ratusan Warga Cicadas Desak PT SPV Perbaiki Lingkungan


 Ratusan Warga Cicadas Desak PT SPV Perbaiki Lingkungan Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Ratusan warga Desa Cicadas Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta dan LSM Laskar NKRI gelar aksi peduli lingkungan, Selasa (23/1/2018).

Aksi itu mereka tujukan kepada pabrik dan industri di Jawa Barat yang dilintasi Sungai Citarum, salah satunya yaitu keberadaan PT South Pacific Viscose (SPV) yang berada di wilayah tersebut yang terindikasi melakukan pencemaran terhadap aliran sungai dan daerah di sekitarnya.

Dalam aksi itu mereka mendesak pihak perusahaan untuk memperbaiki sistim pengelolaan limbah B3, agar pencemaran lingkungam sekitar pabrik dan daerah aliran sungai bisa diminimalisir.

“Selain udara yang bau, air di sekitar kampung kami sudah tidak steril lagi. Kami minta perusahaan ambil langkah kongkrit untuk memperbaiki pengelolaan limbah pabrik, baik limbah padat, cair dan gas. Udara sekitar pabril bikin sesak napas,” ujar Tatang (40) salah seorang warga Kampung Ciroyom Desa Cicadas, yang ikut aksi.

Sementara, mendampingi Warga, Sekjen DPD Laskar NKRI Kabupaten Purwakarta Yayan Gandi Mulyadi, menambahkan, pihak perusahaan dan pemerintah daerah diminta mengevaluasi sistim pengelolaan limbah B3 pabrik.

Pihaknya tidak bisa menindak terkait temuan pelanggaran-pelanggaran tersebut. Pasalnya setiap pemerintah daerah mempunyai regulasi terkait izin atau pun analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) yang dikeluarkan oleh Pemda terhadap setiap pabrik atau industri.

“Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, akibatanya akan tidak baik bagi anak-anak kami. Pemberian kompensasi bukan satu-satunya solusi dari perusahaan untuk meninabobokan warga. Tapi sistim pengelolaan limbah yang memang harus dievaluasi,” ujarnya.

Akhirnya sejumlah warga dan perwakilan LSM diterima pihak perusahaan untuk menyampaikan aspirasinya. Hingga berita ini ditulis, awak media belum dapat mengkonfirmasi pihak PT SPV.

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

19 April 2024 - 15:32 WIB

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

GM PLN Jabar Lakukan Inspeksi, Pastikan SPKLU Siap Layani Pemudik

9 April 2024 - 23:50 WIB

PLN Purwakarta Bersama Jasa Marga Cek SPKLU di Rest Area Tol Cipularang

9 April 2024 - 16:19 WIB

PLN UP3 Purwakarta Gelar Apel Siaga Kelistrikan Untuk Memastikan Kehandalam Listrik Selama Lebaran

7 April 2024 - 20:34 WIB

Trending di Purwakarta