Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 22 Des 2018 17:19 WIB ·

Komunitas Senyum Indonesia Khitan Warga Pelosok Purwakarta


 Komunitas Senyum Indonesia Khitan Warga Pelosok Purwakarta Perbesar

PURWAKARTA – Akses jalan cukup berat tak menyurutkan semangat puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Senyum Indonesia untuk membantu sesama. Puluhan mahasiswa asal Bandung itu gelar acara Khitanan Manuk Hiber di Desa Parung Banteng Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Ketua pelaksana Khitanan Manuk Hiber, Mochamad Alghifari mengatakan, Komunitas Senyum Indonesia merupakan komunitas yang bergerak dibidang sosial kemasyarakatan, khususnya didaerah pelosok.

Bakti sosial yang dilakukan saat ini adalah selain khitanan masal, pengobatan gratis dan acara keagamaan pun turut memeriahkan acara yang berlangsung selama dua hari, yaitu sabtu dan minggu.

“Untuk anak usia remaja kita ada acara tukar fikiran untuk memotivasi agar mereka tetap melanjutkan Sekolah hingga ke perguruan tinggi,” ujar dia, Sabtu (22/12/2018).

Terkait tema khitan di negeri dongeng, ia menjelaskan bahwa pihak panitia menyulap lokasi acara sedemikian rupa sehingga mereka seperti didalam cerita atau dongeng. Super hero yang diperankan sejumlah relawan pun disediakan diruang tunggu sebagai penghibur pengantin sunat. Sehingga mereka tetap dalam keadaan gembira sebelum dan setelah disunat.

“Jumlah pengantin sunat ada 16 orang, setelah disunat kemudian mereka diarak keliling kampung,” ujar mahasiswa ITB jurusan Teknik Impormatika tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan, tak hanya di Kecamatan Sukasari, hal serupa juga dilaksanakan didua Kecamatan lainnya, yaitu di Kecamatan Maniis dan Kecamatan Cikalong Kulon Kabupaten Cianjur.

“Kami gelar acara bakti sosial ditiga lokasi secara serentak, disini ada 90 orang termasuk tim dokter,” ucap dia.

Terpisah, Camat Sukasari, Jaya Pranolo mengapresiasi kegiatan positif mahasiswa asal Bandung tersebut. Ia mengatakan, rasa sosial mereka sangat tinggi terhadap membantu sesama. Para mahasiswa mau meluangkan waktu disela-sela kesibukan menuntut ilmu dibangku kuliah. Apalagi acara yang mereka gelar didaerah perbatasan Purwakarta dan Kabupaten Karawang.

“Tentu saya sangat mengapresiasi hal positif ini, dan kami selaku pemerintah daerah siap membantu mensukseskan acara tersebut,,” ujar Camat.

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Jalan Penghubung dan 4 Rumah Warga Rusak Akibat Pergerakan Tanah di Panyindangan Sukatani Purwakarta 

25 April 2024 - 19:27 WIB

Yuk Catat Meter Listrik Secara Mandiri Lewat Fitur SWACAM Di Apliksasi New PLN Mobile

25 April 2024 - 13:30 WIB

Dihari Pertama Pendaftaran PPK Untuk Pilkada 2024, KPU Purwakarta Catat 152 Orang Sudah Daftar

23 April 2024 - 20:19 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

19 April 2024 - 15:32 WIB

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

Trending di Purwakarta