Kesehatan

10 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Mesti Diprioritaskan Orang Tua

Perlengkapan bayi baru lahir, foto: bahasbayi.id

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Saat sebelum melahirkan ada baiknya ibu hamil mulai mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir untuk berjaga-jaga agar tidak kerepotan saat si buah hati untuk pertama kali melihat dunia.

Sebelum mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir, orang tua mesti membuatkan list kebutuhan perlengkapan bayi baru lahir dalam satu prioritas belanja. List atau daftar kebutuhan dibuat berdasarkan urutan yang paling penting hingga kebutuhan tambahan. Daftar perelengkapan bayi sangat penting agar ibu hamil dapat mengontrol perlengkapan apa saja yang harus di dahulukan, selain itu juga untuk mengontrol keuangan.

Selanjutnya ibu hamil juga mesti memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan perelengkapan yang nanti digunakan untuk bayi. Mintalah rekomendasi dari keluarga, sahabat atau teman produk apa saja yang paling aman dan nyaman buat bayi.

Ibu hamil juga mesti memperhatikan kebutuhan jumlah perelengkapan bayi baru lahir sesuai dengan kebutuhan harian. Misalnya jika dalam 24 jam bayi perlu diganti bajunya 2 kali maka dalam seminggu dibutuhkan sebanyak 14 stel baju bayi. Tentunya perhitungan itu ditambah dengan perelengkapan lainnya seperti popok, kaus kaki dan kain bedong.

Setelah melalui tahapan persiapan tersebut selanjutnya ialah menyiapkan 10 perlengkapan bayi baru lahir yang mesti diprioritaskan orang tua berdasarkan rekomendasi dari Purwakarta Post, dan berikut ini listnya:

1. Pakaian Bayi

Saat memilih pakaian bayi utamakan pakaian berbahan lembut dan dapat menyerap keringat seperti katun. Lebih penting lagi ialah memilih pakaian yang nyaman dan aman untuk bayi sehingga tidak menimbulkan masalah pada kulit bayi.

2. Popok Bayi

Ibu dapat menggunakan popok bayi berbahan popok kain atau popok sekali pakai. Utamakan untuk memilih popok yang tidak terlalu ketat untuk bayi agar menghindari masalah ruam popok.

3. Bak Mandi Bayi

Bak mandi bayi adalah salah satu perlengkapan yang sangat penting bagi buah hati. Dibandingkan ember, menggunakan bak mandi bayi  lebih disarankan agar ibu tidak kesulitan saat memandikan dan agar bayi merasa nyaman saat dimandikan.

4. Handuk dan Waslap

Utamakan menggunakan handuk dan waslap berbahan lembut, sehingga tidak menimbulkan gesekan yang mengakibatkan kulit bayi iritasi.

5. Peralatan Menyusui

Setiap ibu selalu menginginkan buah hatinya mendapatkan ASI (Air Susu Ibu) ekslusif, namun  terkadang tidak semua ibu paham bagaimana caranya agar buah hati tetap mendapatkan ASI meski tidak dalam pelukan. Karenanya penting untuk memiliki peralatan menyusui yaitu, pompa ASI, wadah penyimpanan ASI hingga pendingin ASI.

6. Gendongan Bayi

Aktifitas harian tidak bisa ditinggalkan ibu, karenanya penting sekali bagi ibu untuk memiliki gendongan bayi. Cara memilih gendongan bayi didasari atas pilihan praktis saat digunakan, nyaman untuk bayi dan yang paling penting gendongan bayi harus kuat.

7. Tas Bayi

Saat bepergian hal penting yang dibutuhkan ibu adalah tas bayi. Tas bayi dapat menyimpan kebutuhan penting bayi seperti popok, pakaian ganti, handuk, susu, hingga air hangat. Akan sangat memudahkan bila kebutuhan bayi tersebut disimpan dalam tas bayi.

8. Kereta Bayi

Memiliki kereta bayi sangat dianjurkan bagi ibu untuk mengurangi beban gendong. Karena biasanya ibu akan mudah lelah jika selama sehari penuh menggendong buah hati tanpa henti, karenanya penting untuk memiliki kereta bayi atau stroller.

9. Car Seat

Saat mengajak si buah hati mengendarai mobil hal penting yang dibutuhkan ialah car seat. Penggunaan car seat bayi penting untuk keamanan dan kenyamanan bayi selama berada di dalam mobil. Car seat juga dapat membantu ibu untuk tetap fokus mengendarai tanpa khawatir kondisi bayi.

10. Produk Mandi Bayi

Memilih produk mandi bayi berbahan alami dan teruji hypoallergenic sangat penting untuk kulit bayi. Saran kami adalah menggunakan produk Zwitsal seperti Baby Bath Natural with Milk & Honey untuk mandi, Baby Extra Care Cream with Zinc untuk mengatasi ruam popok, dan Baby Skin Protector Lotion Natural untuk menjaga kulit si Kecil.

Kesimpulan; 10 perlengkapan bayi baru lahir yang mesti diprioritaskan orang tua ini sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan bayi. Namun semuanya kembali berada pada pilihan orang tua untuk menyiapkan yang terbaik bagi tumbuh kembang buah hari.

Sumber: https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/5-tips-cerdas-menyiapkan-kebutuhan-bayi-baru-lahir

Loading...
www.domainesia.com
Click to comment

Berita Populer

To Top